Indeks Negara Gagal, Posisi Indonesia Turun

Demo Buruh Tolak BBM Naik
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Posisi Indonesia turun ke peringkat 63 dalam Indeks Negara Gagal 2012 atau Failed State Index 2012. Indeks yang dikeluarkan organisasi Fund for Peace itu menilai peringkat ini turun dibandingkan dari tahun 2011 di mana Indonesia berada di peringkat 64 dengan skor 81.

Dikutip dari laman fundforpeace.org, tahun ini Indonesia mendapat skor 80,6. Angka ini didapat dari perhitungan beberapa faktor, seperti ekonomi dan sosial.

Dahsyaaat.. Pasukan Tengkorak Borong 5 Gelar Juara, Raja Aibon Jadi Komandan Terbaik Kostrad TNI

Indeks ini dilakukan kepada 178 negara menggunakan 12 indikator tekanan sosial, ekonomi, dan politik pada negara. Selain itu, Fund for Peace juga menggunakan lebih dari 100 subindikator. Ini termasuk isu-isu seperti pembangunan tidak merata, legitimasi negara, protes kelompok masyarakat, dan penegakan hak asasi manusia.

Dalam penjelasan indeks ini, penegakan HAM di Indonesia dinilai lemah dan cenderung memburuk dalam lima tahun terakhir. Indikator lainnya yang dinilai menurun dalam lima tahun terakhir adalah keluhan kelompok masyarakat dan tekanan demografis.

Sementara di bidang layanan publik, Fund for Peace mencatat ada kemajuan di Indonesia meski tetap saja dinilai lemah dengan peringkat 75. Enam indikator di bidang politik dan militer, semua dinilai lemah.

Merujuk pada kategori yang dibuat oleh The Fund for Peace, Indonesia yang berada di peringkat ke-63 masuk dalam kategori peringatan sangat tinggi. Ini adalah kategori terendah keempat untuk negara yang memiliki indeks kegagalan negara.

Dalam indeks ini, negara paling gagal dan berada di peringkat pertama adalah Somalia. Sementara Finlandia berada di posisi paling stabil dan bagus. Selain Finlandia, Swiss dan Denmark juga dikategorikan negara terstabil.

Dibandingkan negara tetangga, Indonesia masih jauh tertinggal. Terdekat, Singapura berada di posisi 157 dengan skor 35,6. Malaysia di peringkat 110, dan Thailand peringkat 84 dengan skor 77.

Menanggapi indeks tersebut, juru bicara Wakil Presiden Yopie Hidayat mengaku Pemerintah sudah berbuat maksimal bekerja. "Kalau ada penilaian seperti itu ya kita setuju. Bagaimanapun juga kita tidak hanya berlari melawan diri sendiri, tapi juga melawan negara-negara lain," kata dia di Istana Wakil Presiden, Rabu 20 Juni 2012.

Di era keterbukaan, sambung Yopi, Indonesia harus terus melihat tetangga. "Kalau mereka lebih baik, kita harus lebih baik lagi," imbuhnya. "Kami sudah maksimal, tetap saja harus dipacu lebih keras lagi sisa dua tahun ini." (eh)

Caesar Hito dan Felicya Angelista

Menolak Bercerai jika Diselingkuhi Caesar Hito, Begini Tanggapan Felicya Angelista yang Tuai Cibiran

Tidak hanya soal perselingkuhan, Felicya Angelista juga sudah sama-sama berkomitmen untuk tidak melakukan kekerasan, baik terhadap satu sama lain maupun kepada anak-anak

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024