Nafsiah Mboi Resmi Jadi Menteri Kesehatan

Nafsiah Mboi
Sumber :
  • www.presidensby.info/ Haryanto

VIVAnews - Nafsiah Mboi resmi menjadi Menteri Kesehatan menggantikan mendiang Endang Rahayu Sedyaningsih. Tiga pejabat lainnya, Wakil Menteri ESDM Rudi Rubiandini, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hendarman Supandji, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Muhammad Chatib Basri, juga resmi menjabat.

Pengangkatan Nafsiah Mboi sebagai Menteri Kesehatan berdasarkan Keppres 61.P/2012. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melantik Nafsiah di Istana Negara, Jakarta, Kamis 14 Juni 2012.

Pengambilan sumpah jabatan Nafsiah Mboi dilakukan berdasarkan agama Katolik. Sedangkan tiga pejabat lainnya diambil sumpah jabatan berdasarkan agama Islam.

Pelantikan ini dihadiri seluruh pejabat tinggi negara. Mereka yang terlihat antara lain Wakil Presiden Boediono serta menteri Kabinet Indonesia Bersatu. Pimpinan lembaga tinggi negara seperti Ketua DPR Marzuki Alie dan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD juga terlihat hadir.

Nafsiah Mboi yang menggantikan almarhum Endang Rahayu merupakan Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS. Nafsiah pernah bekerja sama dengan pemerintah untuk menggagas ‘Komite Sentani’ untuk mengobati sedikitnya 5.000 orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di 6 provinsi di Indonesia yang rentan terkena HIV/AIDS.

Sedangkan Rudi Rubiandini yang menggantikan posisi almarhum Widjajono Partowidagdo yang meninggal dunia saat mendaki Gunung Tambora. Rubi menggantikan posisi Gita Wirjawan yang kini menjabat Menteri Perdagangan.

Sementara, Hendarman Supandji, mantan Jaksa Agung itu mengisi kursi Joyo Winoto. Presiden SBY menilai, persoalan tanah yang terjadi di tengah masyarakat seringkali terkait soal hukum. SBY menilai Hendarman cakap memimpin badan ini. (umi)

Menikah dengan Ria Ricis, Teuku Ryan: Batin Saya Tertekan, Cenderung Tak Dihargai
VIVA Militer: Tentara Rusia

Rusia Ngamuk dan Ancam Serang Instalasi Militer Inggris, Apa Sebabnya?

Rusia memperingatkan Inggris pada Senin, 6 Mei 2024, dengan memanggil Dubesnya yang ada di Rusia, bakal serang instalasi militer Inggris

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024