Istana Masih Rahasiakan Nama Menkes Baru

Prosesi Pemakaman Mantan Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan mengumumkan mana Menteri Kesehatan baru, pengganti almarhumah Endang Rahayu Sedyaningsih. Pengumuman dijadwalkan hari ini pukul 11.00 WIB, di Ruang Teratai, Istana Bogor.

Informasi dari Biro Pers Kepresidenan, selain calon Menkes, diumumkan pula Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Kepala Badan Pertanahan Nasional.

Nama-nama pejabat baru itu ada di kantong SBY. Masih dirahasiakan. Namun, beredar sejumlah nama yang disebut jadi pilihan SBY. Untuk jabatan Menteri Kesejatan ada dua nama yang beredar, yakni Nafsiah Mboi yang menyandang gelar master kesehatan dari Belgia dan kini menjabat sebagai Sekretaris Nasional Komisi Penanggulangan AIDS Indonesia (KPAI). Nama lain adalah Ratna Sitompul Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

Sementara, untuk posisi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dikabarkan akan diisi Chatib Basri. Pos Wakil Menteri ESDM yang ditinggalkan almarhum Widjajono Partowidagdo disebut-sebut bakal diisi Rudi Rubiandini, Deputi bidang Operasional Badan Pengelola (BP) Migas. 

Adapun mantan Jaksa Agung, Hendarman Supandji dikabarkan akan mengisi jabatan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) menggantikan Joyo Winoto.

Dikonfirmasi hal itu, pihak  istana pilih menghindar. Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha justru minta media tidak menyebutkan nama para pejabat baru itu.

"Mohon untuk bersabar karena nanti posisi Menkes, Wamen ESDM dan kepala badan akan disampaikan langsung oleh Bapak Presiden. Secara definintif itu bisa dikatakan setelah pengumuman pasti dari Presiden," ujar Julian.

Senada dengan Julian, Sekretaris Kabinet Dipo Alam juga menolak menyebutkan nama-nama pejabat baru itu. Dipo hanya menjelaskan, pihaknya tengah menyiapkan administrasi pengangkatan pejabat-pejabat baru ini. (kd)

Yusril Sebut Gugatan 03 Buat Adegium 'Vox Populi Vox Dei' Kehilangan Makna
Presiden Joko Widodo.

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mau berkomentar namanya disebut-sebut dalam sidang gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024