Ke Daerah, Rieke Pilih Tidur di Rumah Warga

Rumah warga yang diinapi Rieke Diah Pitaloka di Bantul
Sumber :
  • VIVAnews/ Daru Waskita

VIVAnews - Welas Asih (38), ibu dari dua anak, tak menyangka rumahnya akan menjadi tempat menginap Rieke Diah Pitaloka, artis yang kini menjadi anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat. Rieke yang politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu menginap di rumahnya setelah mengisi acara Diklat Pratama Kader PDIP di rumah budaya Dewa Daru di Dusun Jambeyan, Desa Triwidadi, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, DIY.

“Saya tak menyangka rumah saya yang jelek ini mau disinggahi Mbak Oneng,” kata Welas Asih didampingi beberapa tetangganya, Selasa 12 Juni 2012. "Oneng" adalah karakter di sebuah komedi situasi yang diperankan Rieke sehingga melambungkan namanya.

Menurut Welas, rumahnya hanya memiliki dua kamar yang ukurannya tidak begitu besar namun cukup untuk tidur dua orang dengan ranjang yang ada. Beberapa perabot seperti almari, meja rias dan meja belajar ada di salah satu kamar untuk tidur salah satu anaknya yang  batu sekolah dasar. "Tidak ada spring bed, yang ada cuma kasur biasa saja,” katanya.

Untuk keperluan Rieke menginap, Welas tidak mengubah tatanan tempat tidur dan hanya membersihkan kamar tidur dan memberikan pewangi di kamar tidur yang akan dijadikan tempat istirahat. “Tidak ada yang saya ubah-ubah kamarnya. Ya seperti biasanya saja,”ujarnya.

Karena hanya ada dua kamar, maka suaminya akan tidur di depan televisi. Kebetulan, sedang berlangsung siaran pertandingan sepakbola Piala Eropa sehingga suaminya kerap begadang sampai pagi nonton bola. “Makanan kami seadanya, tidak dibuat mewah-mewah karena memang permintaan dari panitia untuk tidak menyiapkan hal-hal yang istimewa saat Mbak Oneng menginap,” ujarnya.

Namun, karena hari ini Rieke sedang berpuasa, Welas menyiapkan menu berbuka yang istimewa. "Kami siapkan makanan untuk berbuka puasa dan ada menu istimewa yaitu “sengek” atau tempe benguk. Semoga Mbak Oneng suka,” kata Welas.

Permintaan Rieke

Aryunadi, SE, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Bantul mengatakan Mbak Rieke memang minta agar tempat menginapnya tidak di hotel namun di rumah warga  yang berada di sekitar lokasi berlangsungnya acara Diklat Pratama kader PDIP Kabupaten Bantul.

“Setelah berembuk dengan beberapa teman dari partai, kami memilih rumah Ibu Welas untuk dijadikan tempat menginap Mbak Oneng,” katanya. “Kebetulan juga suami dari Ibu Welas adalah anggota polisi sehingga masalah keamanan dipastikan terjamin."

Mantan Ketua Komisi A, DPRD Kabupaten Bantul periode 2004-2009 ini mengaku pada Rabu pagi, Rieke akan melanjutkan perjalanan ke Semarang, Jawa Tengah, untuk mengisi kegiatan partai. “Biar tidak repot dan dapat dekat secara langsung dengan masyarakat dan kader PDIP di Bantul maka Mbak Rieke milih menginap di rumah warga yang lokasinya cukup jauh dari perkotaan. Bahkan bisa dikatakan pelosok,” katanya.

Rieke Diah Pitaloka sendiri mengaku bahwa menginap dirumah warga karena mengikuti keinginan dari panitia (Ketua DPC PDIP Bantul). “Saya kan mengikuti perintah dari Pak Ketua DPC saja,” katanya sembari tersenyum.

Indonesia Jadi Penghasil Sugar Daddy Terbanyak ke-2 di Asia Tenggara
Anggota Dewas KPK Albertina Ho

Respons Albertina Ho Usai Dilaporkan ke Dewas oleh Pimpinan KPK

Anggota Dewas KPK, Albertina Ho memberikan penjelasan usai dilaporkan ke Dewas KPK oleh Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron terkait dugaan penyalahgunaan wewenang. Albertina me

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024