Nazar: Anas dan Andi Susun Dana Hambalang

Vonis Nazaruddin
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Kisruh anggaran proyek pembangunan pusat pelatihan dan sekolah olah raga di Hambalang, Bogor, Jawa barat, mulai terkuak. Terdakwa suap Wisma Atlet Sea Games, Muhammad Nazaruddin, mengatakan rancangan dana itu dibuat oleh Menteri Pemuda dan Olah Raga Andi Mallarangeng dan Ketua Umum Demokrat, Anas Urbaningrum.

"Rencana anggaran itu sudah di-setting dengan Menpora bersama Anas Urbaningrum. Jadi kalau mereka bilang tidak tahu, itu semua bohong," kata Nazaruddin di kantor KPK, Jakarta, Selasa 6 Juni 2012.

Nazar juga membenarkan anggaran proyek Hambalang yang sudah direncanakan itu bukan Rp1,1 triliun, melainkan Rp2,5 triliun. "Itu sudah disetting dari awal saat saya dan Angelina Sondakh cuma sebagai pelaksana," ujar Nazar.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto mengatakan nilai proyek ini tidak hanya mencapai Rp1,2 triliun. Diduga, nilai proyek mencapai Rp2,5 triliun. "Konstruksinya saja Rp1,1 triliun," kata Bambang, Senin 4 Juni 2012.

Menurut Bambang, masih ada lagi proyek yang terkait Hambalang ini. "Rp2,5 triliun itu untuk konstruksi dan pengadaan barang," jelasnya. "Pengadaan barangnya sudah sebagian, walaupun proyeknya belum jadi."

Anas beberapa kali telah membantah terlibat dugaan korupsi proyek itu. "Tidak betul (saya mengatur soal Hambalang). Memangnya saya calo tanah. Memangnya saya calo sertifkat?" ujar Anas Urbaningrum beberapa waktu yang lalu.

Mantan anggota Komisi Pemilihan Umum itu juga membantah perihal pertemuan-pertemuan yang dsebut untuk mengurus proyek Hambalang. Sebaliknya, Anas menganggap semua tudingan tersebut adalah bentuk skenario-skenario politik untuk mengkaitkan dirinya dalam kasus hukum.

"Anda semua mengikuti bagaimana kasus wisma atlet. Dari awal saya sudah divonis bersalah. Tetapi, putusan hakim sudah jelas dan itulah yang terjadi. Saya kira sama saja seperti kasus Hambalang. Sebab, dalam kasus wisma atlet terbukti tidak benar," kata Anas.

Harta Kekayaan Elon Musk Lenyap Rp 45 Triliun dalam Sekejap, Ini Penyebabnya

Sesuai Prosedur

Sementara itu, Andi Mallarangeng menyatakan, dana untuk pembangunan proyek Hambalang sudah sesuai prosedur.

Andi memaparkan dalam rapat dengan Komisi X DPR, Senin 4 Juni 2012, pembangunan pusat olahraga Hambalang dimulai tahun 2010 dengan anggaran yang tersedia sebesar Rp275 miliar. Selanjutnya tahun 2011, dana untuk membayar kontraktor disiapkan Rp400 miliar hingga berubah menjadi multiyears.

“Kami ikuti penambahan anggarannya, dari Rp150 miliar, lalu Rp400 miliar, kemudian multiyears-nya,” kata Andi. Ia juga menegaskan, pembahasan perubahan dana proyek Hambalang dari tahun ke tahun itu telah disetujui oleh DPR.

“Anggaran itu dapat persetujuan dari DPR. Setahu saya, Kemenpora mengikuti prosedur-prosedur yang berlaku,” ujarnya. (ren)

Cak Imin soal PKB Gabung ke Pemerintahan Prabowo: Alhamdulillah, Semuanya Smooth!
Kim Soo Hyun

Kim Soo Hyun Jalani Pelatihan Tentara Cadangan Jelang Episode Terakhir Queen of Tears

Kim Soo Hyun, aktor terkenal asal Korea Selatan telah mengambil bagian dalam pelatihan tentara cadangan menjelang penayangan episode terakhir drama Queen of Tears.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024