KPK Kaji Kebijakan Miranda Saat Jabat DGS BI

Miranda Goeltoem Kembali di Periksa KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Kasus suap cek pelawat memang tidak mudah untuk diungkap, hal itu pula yang kini dialami Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengatakan kasus tersebut sangat terencana dan canggih.

"Dimana ada kejahatan yang tindakannya dilakukan sangat canggih maka keyakinan dari media, hakim dan publik jadi penting untuk konstruksi," kata Bambang di kantornya, Senin 4 Juni 2012.

Karena itu, Bambang menganggap kasus yang menjerat mantan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia itu termasuk kasus canggih. "Iya. Untuk layernya iya. Kan layer-layernya bagus banget. Bagi saya cukup menarik," ujar Bambang.

Selain itu, Bambang juga menyatakan sejumlah barang bukti sudah diminimalisir oleh pihak-pihak tertentu. Hal itu tampak pada pemeriksaan saksi-saksi anggota dewan yang dulu mengakui pernah melakukan pertemuan namun sekarang mengaku sudah lupa. "Nah model-model yang begitu jadi semakin lama kasus proses ditangani memang suka ada perubahan-perubahan," ucapnya.

Untuk itu, Wakil Ketua KPK lainnya, Busyro Muqoddas mengatakan salah satu upaya untuk membongkar dalang suap pemilihan Deputi Gubernur Senior BI. dengan mengkaji kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan Miranda Gultom selama menjabat posisi tersebut.

"Tapi itu saja tidaklah cukup, sulit kalau tidak didasarkan sejumlah keterangan valid. Ini tali temali," kata Busyro.

Ia menegaskan, KPK saat ini tengah memaksimalkan temuan yang ada. Meski bukti tersebut sangat minim sekali. "Memaksimalkan temuan yang minimalis," ujarnya.

Miranda menghuni Rutan KPK sejak Jumat 1 Mei. Penahanan tersebut dilakukan agar proses penyidikan atas perkara dugaan suap kepada anggota DPR periode 1999-2004 pada proses pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia dapat dipercepat dan mendapatkan hasil. (adi)

Persebaya Bertekad Bangkit Lawan Persib
Konsumen menunjukkan emas batangan yang dibelinya di Butik Emas Logam Mulia, Gedung Aneka Tambang, Jakarta.

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dibanderol seharga Rp 1.347.000 per gram pada hari ini, Sabtu 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024