Hambalang, Perusahaan Istri Anas Raih Rp300 M

Proyek Hambalang di Sentul Bogor
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi menyebut PT Duta Sari Citra Laras, perusahaan yang disebut-sebut terkait dengan istri Anas Urbaningrum, Athiyyah Laila, memperoleh proyek pekerjaan Hambalang senilai Rp300 miliar.

"Benar segitu," kata Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto, di Gedung KPK, Jakarta, Senin 4 Juni 2012.

Namun, Bambang enggan merinci lebih lanjut mengenai uang proyek tersebut. Meski demikian, Bambang memastikan KPK saat ini tengah mengusut dugaan keterlibatan PT Dutasari yang ditunjuk sebagai subkontraktor proyek Hambalang. Kualifikasi perusahaan yang dipimpin sahabat Anas, Mahfud Suroso itu dipertanyakan. KPK sendiri masih melakukan hal tersebut.

"Sekarang gini, Dutasari ambil subkon apa. Saya mesti cek juga," ucap Bambang menegaskan bahwa Dutasari merupakan perusahaan yang sudah lama menggeluti bidang tersebut.

Informasi yang dikumpulkan VIVAnews.com saat meninjau langsung ke Hambalang, PT Dutasari Citra Laras selaku subkontraktor proyek menerima pekerjaan mechanical electrical. Nilainya sebesar Rp300 miliar.

"Didalam nya ada pekerjaan seperti kabel listrik yang ada di area Hambalang ini mereka yang kerjakan," tutur pelaksana proyek di Hambalang.

Sebelumnya, Anas Urbaningrum yang juga adalah Ketua Umum Partai Demokrat belum mau bicara perihal keterkaitan istrinya, Athiyyah Laila, dalam kasus dugaan korupsi proyek pusat olahraga Hambalang, Bogor tahun 2010. Anas menyerahkan perkembangan penyidikan kasus proyek senilai Rp1,2 triliun itu kepada KPK.

"Itu sudah masuk materi pemeriksaan, tanyanya ke KPK. Nanti dijelaskan di sana. Tidak boleh mendahului dong," kata Anas Urbaningrum saat ditanya soal mengapa istrinya bisa menjadi komisaris PT Dutasari Citralaras di kantor KPK, Jakarta, Kamis 26 April 2012.

Anas menegaskan, sejak tahun 2008 dan keluar awal tahun 2009. Mantan Anggota KPU itu tetap membantah keterlibatan istrinya dalam kasus Hambalang. (adi)

Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum
Syifa Hadju

Hubungannya Diduga Retak karena Orang Ketiga, Begini Kata Syifa Hadju Soal Perselingkuhan

Menurut Syifa Hadju, setiap orang dalam sebuah hubungan pasti akan belajar menerima kekurangan pasangan masing-masing.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024