DPR Klaim Tak Tahu Dana Multiyears Hambalang

Proyek Hambalang di Sentul Bogor
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Anggota Komisi Olahraga Dewan Perwakilan Rakyat, Dedi Gumilar, mengakui DPR mengetahui rencana penambahan dana proyek pusat olahraga Hambalang. Namun, DPR tidak mengetahui dana Hambalang digolongkan ke program tahun jamak.

"Kami baru tahu kalau ada dana multiyears," kata Dedi di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin 4 Juni 2012.

Politisi PDI Perjuangan itu merinci tahapan penambahan anggaran. Pertama adalah tahun 2010 dana itu senilai Rp275 miliar, kemudian bertambah menjadi Rp400 miliar, dan penambahan ketiga adalah Rp500 miliar.

Menurut Dedi, dana multiyears ini tidak dibahas di Komisi X. "Tentunya harus dikirim ke komisi, komisi membahas itu, harusnya begitu tapi kan tidak," kata dia.

Dia mengatakan bahwa perubahan anggaran menjadi multiyears ini, hampir semua anggota komisi X tidak mengetahuinya. "Hampir semuanya, Pak Wahyudi (Ketua Komisi X) juga tak tahu," kata dia.

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

"Tadi saya sudah sampaikan mendesak pemerintah untuk bertanggungjawab, dan kita tunggu langkah BPK dan KPK seperti apa," lanjutnya.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng menyatakan, dana untuk pembangunan proyek Hambalang sudah sesuai prosedur.

"Kami ikuti penambahan anggarannya, dari Rp150 miliar, lalu Rp400 miliar, kemudian multiyears-nya," kata Andi. Ia juga menegaskan, pembahasan perubahan dana proyek Hambalang dari tahun ke tahun itu telah disetujui oleh DPR.

"Anggaran itu dapat persetujuan dari DPR. Setahu saya, Kemenpora mengikuti prosedur-prosedur yang berlaku," ujarnya.

Proyek Hambalang menjadi perhatian publik. Karena proyek raksasa itu kerap disebut mantan Bendahara Umum Demokrat Muhammad Nazaruddin. Bahkan Kamis 24 Mei lalu, Menpora Andi Mallarangeng diperiksa 10 jam oleh Komisi Pemberantasan Korupsi terkait proyek Hambalang.

Namun, di tengah pembangunan dan pengusutan KPK, dua bangunan di proyek itu rubuh. Tanah yang berada di bawahnya ambles. (eh)

5 Promo Hari Kartini, Ada Minyak Goreng 2 Liter Cuma Rp30 Ribuan
Gunakan Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Dump Truk

Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 

Rasa senang bisa memiliki sepeda motor baru untuk ke sekolah, justru berbuah petaka dialami Faizal Hadi Winata, seorang pelajar SMA Negeri 2 Brebes, Jawa Tengah.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024