Menpora Akui Kenaikan Nilai Proyek Hambalang

Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng diperiksa KPK
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng menjelaskan kisruh pembangunan proyek sport center di Hambalang, Bogor. Andi menjelaskan bahwa pembangunan proyek Hambalang memang memiliki perubahan sehingga anggaran pun membengkak.

Semula, proyek di Hambalang itu memang untuk sekolah dengan nilai proyek Rp125 miliar.  "Kalau namanya sekolah olahraga itu harus ada venue-venue-nya. Harus ada kolam renang, harus ada atletiknya dan berbagai macam gedung olahraga," kata Andi di Gedung DPR, Senin 4 Juni 2012.

Dengan penambahan berbagai fasilitas itu, imbuhnya, tidak mungkin anggaran Rp125 miliar cukup. Oleh karena itu, anggaran pun membengkak menjadi Rp1,175 triliun dan dibuat anggaran multiyears.

Lebih lanjut, Andi menjelaskan proyek tersebut sudah ada sejak 2003, kemudian ada perubahan-perubahan konsep. "Jadi ada hal-hal yang sudah dilakukan sebelumnya ada yang dilanjutkan ada yang dikembangkan," kata dia.

Mengenai anggaran, Andi mengklaim telah disetujui oleh DPR. "Semua tahapan terutama anggaran kami sampaikan ke Komisi X baik penambahan Rp 150 miliar lalu kemudian ada yang Rp 400 miliar dan setelah mendapatkan multiyears kami juga lapor," kata dia.

Mengenai bangunan yang roboh, Andi mengklaim bahwa sebelumnya sudah dilakukan penelitian terhadap kontur tanah. Sebelumnya, menurut dia, sudah ada penelitian-penelitian baik geologis maupun perangkat perencanaan, pelaksanaan proyek tersebut. "Dan kemudian sekarang ini sedang diteliti oleh BPK dan KPK. Tentu saja kalau ada penyimpangan-penyimpangan tentu saja siapa pun harus bertanggung jawab," kata dia.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP

Diberitakan sebelumnya, sejumlah bangunan dirobohkan setelah tanah di bawahnya ambles, Desember lalu. Dalam kasus ini, KPK sudah meninjau lokasi proyek dan menemukan longsoran-longsoran. (eh)

Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024