FOTO: FDR Sukhoi Nahas Ditemukan

FDR Sukhoi Superjet 100 Ditemukan
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Rabu 30 Mei 2012 kemarin, tepat 21 hari paska kecelakaan maut pesawat Sukhoi Superjet-100, bagian dari kotak hitam, flight data recorder (FDR) akhirnya ditemukan.

Sembilan warga Cidahu yang dipimpin Dudu menemukannya di jurang tebing Gunung Salak, jaraknya kurang lebih 30 meter dari ekor pesawat yang posisinya terbalik. FDR berada pada posisi tertimbun urukan tanah.

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Tatang Kurniadi yakin kondisi FDR yang baru saja ditemukan dalam keadaan baik sehingga penyebab jatuhnya pesawat Sukhoi Super Jet 100 dapat diketahui.

"Ini yakin tidak ada apa- karena bahan FDR terbuat dari baja, kalau terbakar dalam suhu 1300-1500 derajat Celcius masih tetap dapat bertahan," ujar Tatang di Lanud Halim, 31 mei 2012.

Terpopuler: Pengemudi Fortuner Pelat Dinas TNI Ditangkap, Negara yang jadi Medan Perang Dunia III

Lihat foto FDR di tautan ini.

Tatang mengatakan, FDR yang ditemukan tersebut merupakan salah satu bagian dari kotak hitam. Sebelumnya Tim SAR telah menemukan CVR (Copkit voice recorder) yang fungsinya merekam pembicaraan didalam kopkit.

"Sedangkan FDR ini fungsinya merekam data penerbangan, kecepatan, dan ketinggian pesawat," kata Tatang.

Setelah FDR ditemukan pihaknya akan langsung membawa FDR ke ruang Laboratorium KNKT untuk dianalisa. Menurutnya butuh waktu lama untuk membaca data yang tersimpan di dalam FDR. "Untuk membukanya butuh waktu 3-4 jam, dan untuk mendownload data memakan waktu 4- hari," katanya.

"Sedangkan untuk membaca data, menganalisa, kemudian memindahkan ke grafik animasi dan membandingkan dengan CVR, ini yang makan waktu lama."  (umi)

Mengejutkan! Rangking FIFA 8 Negara Eropa Ini Ada di Bawah Timnas Indonesia
Rossa

Hal Ini Buat Rossa Disangka Segera Nikah

Sayangnya, Rossa tidak memberikan klarifikasi lebih lanjut terkait makna sebenarnya dari caption tersebut.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024