Gunung Padang Cilacap Tak Masuk Situs Purba

Situs Gunung Padang di Cilacap tambahan
Sumber :
  • VIVAnews/Robbi

VIVAnews - Keberadaan situs Gunung Padang yang berbentuk susunan batu seperti piramida di Desa Salebu, Kecamatan Majenang, Cilacap, Jawa Tengah, sampai saat ini belum ada yang dapat menjelaskan asal usulnya. Balai Peninggalan Purbakala Jawa Tengah juga belum memiliki data mengenai situs yang diduga juga punden berundak-undak itu.

Pelaksana Tugas Kepala Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah Zainul Azah di Semarang menyatakan pihaknya sampai saat ini belum menerima laporan dan belum mendata tentang keberadaan situs yang ada di Gunung Padang itu. Zainul menyebutkan, biasanya di daerah dataran tinggi seringkali dijumpai situs punden berundak maupun menhir.

Namun, terkait dengan keberadaan situs Gunung Padang yang ada di Cilacap, BP3 masih belum dapat memastikan situs apa. "Situs Gunung Padang Cilacap belum masuk dalam daftar peninggalan purbakala Jawa Tengah," katanya, Selasa 29 Mei 2012.

Untuk memastikan tentang keberadaan situs Gunung Padang Cilacap ini, Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah akan mengirimkan tim untuk memeriksa dan meneliti serta melakukan pendataan situs tersebut.

Hari ini, arkeolog Universitas Indonesia, Ali Akbar, setelah melihat foto-foto susunan batu di Desa Salebu ini, menyatakan susunan batu itu hasil rekayasa manusia. Selain itu, dilihat dari teknik penyusunan, Ali Akbar berpendapat usianya lebih muda dari situs Gunung Padang di Cianjur.

Israel Tembakkan Rudal ke Iran, Harga Emas dan Minyak Mentah Terbang
Teaser Chery Omoda 7 yang bakal meluncur

Mobil SUV Chery Omoda 7 Tak Lama Lagi Meluncur, Ini Bocoran Spesifikasinya

Chery bakal meluncurkan dua model SUV terbarunya pada ajang Beijing Auto Show 2024 yang bakal digelar pekan depan. Salah satunya adalah mobil listrik SUV, Chery Omoda 7.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024