Tanah Ambles, 1 Bangunan Hambalang Dirobohkan

Proyek Hambalang
Sumber :
  • VIVAnews/ Ayatullah Humaeni

VIVAnews - Proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olah Raga di Desa Hambalang, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, ambles pada Kamis petang kemarin. Aktivitas pekerja di proyek senilai Rp1,2 triliun itu masih bergeliat.

Lokasi proyek itu terus didatangi sejumlah wartawan dari media elektronik dan media cetak. Sebagian datang ingin mengambil gambar lokasi amblesnya tanah itu. Tetapi kegiatan ini tidak diperbolehkan oleh anggota Satuan Pengaman (Satpam).

Akibatnya, para wartawan mengambil ambruknya bangunan itu dari jarak jauh. Informasi yang diperoleh dari seorang karyawan proyek menyebut bahwa memang ada bangunan yang ambruk di dalam areal proyek.

Bangunan yang roboh adalah power house untuk generator atau genset. Bangunan itu ambruk karena tanah di bawahnya ambles dan miring. "Ambles dari bulan Desember lalu. Waktu itu hujan deras tanahnya langsung ambles," kata petugas yang enggan disebut namanya.

Menurut dia, sejak diketahui ambles, akhirnya bangunan di atasnya langsung dirobohkan. "Karena tidak mungkin dipakai lagi," ujar dia.

Selain itu, kata dia, ada juga bagian tanah yang ambles yang di atasnya terdapat lapangan bulutangkis. Rencananya, di atas tanah itu akan dibangun 9 lapangan bulutangkis.

"Saat ini, kami menunggu penelitian tanah. Bagusnya dibangun seperti apa. Kedua bangunan jaraknya berdekatan, sekitar kurang lebih 6-7 meter," kata dia.

Kementerian Pemuda dan Olahraga membantah ada sejumlah bangunan di kompleks olahraga Hambalang, Sentul, Jawa Barat, yang ambruk. Namun, hanya ada sejumlah titik saja yang tanahnya ambles.

"Bangunannya tidak ambruk, tapi tanahnya yang turun ambles," kata Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Yuli Mumpuni, saat berbincang dengan VIVAnews, Senin 28 Mei 2012. (umi)

Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi
Lolly, putri sulung Nikita Mirzani

Tegas! Nikita Mirzani Coret Nama Lolly dari KK, Hak Waris, dan Asuransi: Sudah Gak Peduli!

Lolly sendiri saat ini sudah pulang ke Indonesia setelah tinggal lama di London, Inggris. Nikita Mirzani tahu anaknya itu pulang berdasarkan informasi dari sosial media.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024