SBY Restui Ekskavasi Situs Gunung Padang

Gunung Padang, Cianjur
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Asisten Staf Khusus Bidang Bantuan Sosial dan Bencana, Abdullah Maky, mengatakan tim ekskavasi Situs Gunung Padang akan bertemu dengan bupati dan tokoh masyarakat Cianjur pada Jumat, pekan ini. Mereka akan membicarakan pro dan kontra ekskavasi gunung yang diduga sebagai situs megalitikum itu.

"Dialog ini sebagai upaya memberikan pemahaman pada para tokoh masyarakat dan budayawan Cianjur," kata Maky di Cianjur, Jawa Barat, Selasa 22 Mei 2012. Dia menambahkan, pertemuan ini akan berlangsung di Pendopo Kabupaten Cianjur.

Saat ini, kata dia, komunikasi dengan bupati Cianjur terus dilakukan secara intens. Menurut dia, bupati Cianjur wajib menyiapkan berbagai fasilitas pengembangan dan pemeliharaan. "Ini semua dipantau dan di bawah koordinasi langsung Presiden."

Ketua Tim Sosialisasi Ekskavasi Gunung Padang ini mengatakan, ekskavasi awal yang dilakukan sejak Rabu hingga Jumat pekan lalu juga telah dipresentasikan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada pukul 16.00 WIB, hari ini. "Persentasi langsung dilakukan oleh Andi Arief (Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana)," katanya. "Dari perbincangan awal proses ekskavasi akan terus dilakukan dan telah mendapatkan restu dari Presiden."

Dia mengatakan, penelitian Situs Gunung Padang ini terus dilanjutkan untuk membuka tabir siklus bencana. "Untuk Gunung Padang, situs ini diperkirakan pernah mengalami bencana pada zaman purba. Ini sisa peradaban purba yang masih ada dan perlu dilakukan riset mendalam," kata Maky.

Menurut dia, hingga saat ini belum ada anggran dari pemerintah untuk melakukan ekskavasi Gunung Padang itu. Saat ini, kata Maky, kelompok arkeologi nasional serta kepurbakalaan besarta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bergerak dengan anggran sendiri. "Pemerintah sudah mengtahui, namun sedang menyiapkan dana untuk ekskavasi yang besarnnya belum diketahui," katanya. (adi)

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024
Gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes

Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero

Sergio Aguero memberi masukan kepada gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes. Dia memberi saran agar pemain asal Brasil itu pindah ke Manchester City.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024