Ke Timor Leste, SBY Akan Terima Penghargaan

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao
Sumber :
  • ANTARA/Nyoman Budhiana

VIVANews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan mengunjungi Timor Leste pada 19-20 Mei mendatang. Selain melakukan pertemuan bilateral dengan kepala negara, SBY juga akan menerima penghargaan dari Timor leste.

Menurut pernyataan yang disampaikan Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah, kedatangan SBY ke Timor Leste dalam rangka memenuhi undangan Perdana Menteri Timor-Leste, Xanana Gusmao, untuk menghadiri peringatan 10 tahun hari jadi negara tersebut.

"Selama di Timor Leste, Presiden Yudhoyono dijadwalkan akan melakukan pertemuan tete-a-tete dengan Presiden Dr. Jose Ramos-Horta," kata Faizasyah.

Selanjutnya kedua pemimpin akan menyaksikan penandatangan sejumlah MoU atau Nota Kesepahaman. SBY juga akan berkunjung ke Makam Santa Cruz dan ke Taman Makam Pahlawan Seroja di Dili.

Selain itu, SBY juga akan menerima penghargaan  “The Grand Collar of the Order of Timor-Leste” dari Pemerintah Timor Leste. "Itu adalah tanda kehormatan tertinggi yang diberikan untuk kepala negara asing," kata Faizasyah saat dihubungi VIVAnews.
 
Pada 20 Mei 2012, di hari jadi Timor Leste yang kesepuluh, SBY dijadwalkan akan menghadiri pelantikan Presiden Timor Leste terpilih, Presiden Jose Maria Vasconcelos. Dilanjutkan pertemuan bilateral dengan Vasconcelos.

“Kunjungan Presiden Yudhoyono ke Timor Leste dalam rangka peringatan hari jadi Timor-Leste ke-10, diharapkan semakin memperkuat persahabatan dan kerja sama bilateral Indonesia – Timor-Leste. Dalam sepuluh tahun terakhir ini, hubungan kedua negara yang senantiasa mengedepankan pendekatan forward-looking, semakin menunjukkan berbagai kemajuan," kata Faizasyah.
 
"Pertemuan dengan Presiden baru Timor-Leste, Presiden Jose Maria Vasconcelos pada tanggal 20 Mei ini, akan menjadi kesempatan penting bagi kedua pemimpin untuk menegaskan komitmen bersama untuk memelihara kesinambungan hubungan baik antara kedua negara," lanjutnya lagi.

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024
Ramalan zodiak

Ramalan Zodiak Kamis 25 April 2024, Libra Lajang Bertemu Seseorang Istimewa

Ramalan zodiak Kamis, 25 April 2024. Aries ingin menjauh dari realitas sejenak. Bagi Libra yang lajang, mungkin ada kesempatan untuk bertemu seseorang yang istimewa.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024