Pembelian SSJ-100 Tak Libatkan Pemerintah

Sukhoi Superjet-100
Sumber :
  • sukhoi.org

VIVAnews - Rencana sejumlah perusahaan penerbangan memesan pesawat Sukhoi Superjet 100 (SSJ-100) tidak melibatkan pemerintah. Proses ini baru sebatas rencana antar perusahaan.

Hal itu disampaikan Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, di kantor Bappenas, Jakarta, Kamis 10 Mei 2012. "Ada airlines yang mau beli, ini pendekatan. Ini rencana business to business," katanya.

Setelah itu, dia melanjutkan, pemerintah baru akan mengumumkan dan menguji kelaikan pesawat tersebut. Memang, pesawat ini sudah mendapat sertifikasi terbang dari The International Air and Shipping Association (IASA), namun harus disertifikasi lagi oleh pemerintah bila pesawat itu akan terbang ke Indonesia.

Apakah kecelakaan ini mempengaruhi sertifikasi kelaikan terbang dari pemerintah? "Tunggu saja, kami tak bisa spekulasi. Tunggu hasil dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi," ujarnya.

Perusahaan pemesan pesawat ini adalah Kartika Airlines. Tak tanggung-tanggung, Kartika memesan 30 pesawat. Namun, belakangan, Kartika mengurungkan niatnya, karena terbatasnya pendanaan dalam pembelian pesawat itu.

Pemesan yang lain adalah PT Sky Aviation. Perusahaan ini memesan 12 unit dari Sukhoi Civil Aircraft Company (SCAC) pada 16 Agustus 2011.

Seperti dikutip dari situs www.sky-aviation.co.id, penandatanganan kontrak tersebut dihadiri oleh Presiden SCAC Vladimir Prisyazhnyuk dan Komisaris PT Sky Aviation, Yusuf Ardhi, serta Chief Executive Officer (CEO) Sky Aviation, Krisman Tarigan. Penandatanganan dilakukan dalam ajang pameran MAKS Air Show 2011 di Zhukovsky, tak jauh dari Moskow, Rusia.

Keterangan tertulis perusahaan juga menyebutkan, pejabat pemerintah yang hadir dalam penandatanganan tersebut adalah Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bhakti. (art)

Heru Budi Didesak Segera Bangun Proyek Pengelolaan Sampah Sunter yang Mangkrak 5 Tahun
 Massa Aksi For You Palestine (FYP) di depan Kedubes Yordania.

Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan

Massa For You Palestina (FYP) mengingatkan pentingnya untuk menyingkirkan segala hambatan terhadap akses bantuan kemanusiaan dalam skala besar ke Gaza.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024