Jaksa Agung:

Ongen Meninggal, Kasus Munir Jalan Terus

Seminar “Penyadapan Dalam Perspektif Negara Hukum dan Konstitusi”
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Jaksa Agung Basrief Arief berjanji terus mengusut otak pelaku pembunuhan aktivis HAM Munir Said Thalib. Meski satu saksi yang disebut kunci, Raymond J Latuihamalo alias Ongen, sudah meninggal dunia karena serangan jantung.

Kepada wartawan, Jumat 4 Mei 2012, Basrief menilai meninggalnya Ongen tak mempengaruhi pengusutan kasus Munir. Meski begitu, Basrief juga berjanji akan memeriksa seberapa penting kesaksian Ongen untuk mengungkap otak pelaku. "Jangan pakai istilah menghambat atau membuka kasus Munir lah," imbuh Jaksa Agung.

Satu hal penting, Jaksa Agung mengajak semua pihak mendoakan Ongen yang sudah meninggal dunia. "Kalau kasus, nanti kami tindaklanjuti."

Ongen meninggal karena serangan jantung, Rabu lalu sekitar pukul 18.00 WIB saat menyetir mobil di kawasan Blok M, Jakarta, yang sedang macet. Kematian Ongen menimbulkan spekulasi karena yang bersangkutan tidak memiliki riwayat penyakit apapun, termasuk jantung.  

Aktivis Komite Aksi Solidaritas untuk Munir (Kasum), Usman Hamid mengingatkan betapa vitalnya kesaksian Ongen dalam kasus Munir sehingga kecurigaan atas keselamatan yang bersangkutan menjadi wajar. Ongen, imbuh Usman, merupakan satu-satunya saksi yang melihat Munir bersama dengan mantan pilot Garuda Indonesia, Pollycarpus Budihari Priyanto di Bandara Changi Singapura pada 7 September 2004.

"Dalam hierarki saksi, dia paling atas karena tidak ada orang lain yang melihat Munir bersama Pollycarpus," kata Usman. Klik berita selanjutnya di tautan ini.

Kia Bakal Luncurkan Mobil Listrik Harga Terjangkau Tahun InI

(ren)

Pelaku pembunuh ibu dan anak di Palembang ditangkap Polisi.

Pembunuh Sadis Ibu dan Anak di Palembang Ditangkap, Ini Tampangnya

Wasilah ditemukan tewas dibunuh dengan bersimbah darah terdapat pengki besi yang masih tertancap di kepala. Begitupun dengan sang putri yang perutnya ditusuk pakai pisau.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024