NASIONAL

FOTO: Mengais Emas di Tambang Terlarang

Warga membuat lubang-lubang untuk mencari emas. Lubang ini bisa membuat tanah tak stabil.
Rabu, 2 Mei 2012 | 09:05 WIB
Oleh : Ita Lismawati F. Malau
FOTO: Mengais Emas di Tambang Terlarang
Penambang emas tak berizin di Paboya, Sulawesi Tengah (REUTERS/Yusuf Ahmad)

VIVAnews - Poboya yang awalnya sebuah daerah tandus di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Daerah tersebut mendadak ramai setelah diserbu ribuan warga yang ingin menambang emas.

Puluhan orang berduyun-duyun ke areal pertambangan ilegal dengan harapan tinggi, memperoleh si kuning berkilau sebanyak-banyaknya. Mereka pun membuat galian-galian sendiri untuk mencari logam mulia ini.

Hal itulah yang menjadi masalah, karena diduga akan merusak lingkungan. Kepolisian Sulawesi Tengah sendiri sudah mengeluarkan ultimatum kepada para penambang untuk segera meninggalkan Poboya. Maraknya penambang emas tanpa izin dikhawatirkan menyebabkan pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Bukan tak mungkin, lubang-lubang berdiameter sekitar 1 meter yang dibuat serampangan ini akan membuat tanah tak stabil. Tanah longsor pun jadi ancaman.

Kondisi lingkungan Poboya saat ini gersang karena pepohonan ditebangi untuk memudahkan pencarian emas. Di perbukitan Poboya itu terdapat ratusan lubang berdiameter satu meter tempat penambang mencari emas.

Klik foto para pengais logam mulia di tambang tak berizin di tautan ini.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found