VIDEO: TKI yang Tewas di AS Sempat Tak Digaji

Ni Luh Endang Susiani, TKI yang tewas di AS
Sumber :

VIVAnews – Tenaga Kerja Indonesia asal Bali, Ni Luh Endang Susiani (31) yang tewas di tangan perampok Amerika Serikat, ternyata sempat tak digaji ketika ia pertama kali bekerja di negeri Paman Sam itu.

Keluarga pun menyampaikan kekecewaan terhadap Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia yang telah memberangkatkan Ni Luh ke AS tanpa mempedulikan nasib Ni Luh. Pihak keluarga menuding, PJTKI sejak awal memang mengabaikan nasib anak mereka.

Ayah korban, Putu Artana, menceritakan ketika Ni Luh baru menginjakkan kaki di AS, ia dipekerjakan di sebuah hotel di New York. Namun selama bekerja di hotel tersebut, Ni Luh tidak diberi gaji. Ni Luh pun akhirnya mencari pekerjaan lain karena kesal tak diupah.

Ni Luh akhirnya berhasil menemukan pekerjaan baru di sebuah restoran Cina di South Carolina. Keluarga menyatakan, pihak PJTKI sama sekali tidak pernah menghubungi mereka sama sekali untuk menginformasikan perkembangan Ni Luh di AS. Mereka baru dihubungi ketika Ni Luh dikabarkan tewas.

Kini jenazah Ni Luh masih disemayamkan di rumah sakit setempat di AS, sedangkan perampok yang menembak dirinya telah ditangkap oleh kepolisian New York. Lihat kesedihan keluarga korban di tautan video ini.

Sementara itu nama Ni Luh ternyata tidak terdaftar di PJTKI resmi di Bali. Kepala Badan Nasional Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP3TKI) Provinsi Bali, Wayan Pageh menjelaskan, pihaknya telah melacak Ni Luh di 39 perusahaan, namun nama korban tak tertera.

“Kalau terdaftar, maka pelacakannya sangat mudah karena sistemnya sudah online di seluruh BP3TKI yang ada di seluruh provinsi di Indonesia,” ujar Pageh. Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Bali, I Wayan Wirata, juga memastikan perusahan yang memberangkat Ni Luh ke Bali adalah ilegal.

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan
PT Freeport Indonesia (PTFI) teken Perjanjian Kerja Bersama (PKB) PTFI periode 2024-2026 bersama tiga Ketua Serikat Pekerja/Serikat Buruh (dok: Freeport)

Manajemen dan Serikat Pekerja Freeport Teken PKB, Menaker: Bisa Jadi Contoh bagi Perusahaan Lain

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas bersama tiga Ketua Serikat Pekerja/Serikat Buruh PTFI menandatangani Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024