Khawatir Soal Uang Bikin Nyeri Punggung

uang pemicu stres
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Migrain, perut tidak enak dan nyeri punggung. Jika Anda mengalami gangguan tersebut selama berhari-hari, bisa jadi pemicunya bukan karena dilanda penyakit tertentu. Tetapi karena memiliki kekhawatiran tinggi pada masalah keuangan.

Memikirkan kondisi keuangan secara berlebihan, menurut penelitian yang dilakukan tim dari TIAA-CREF Institute, bisa meningkatkan risiko terjadinya beberapa gangguan kesehatan. Uang, memang jadi sumber utama stres bagi kebanyakan orang.

Faktanya, seperti dilansir dari Livescience, penelitian menemukan orang yang memiliki tingkat stres tinggi karena utang lebih berisiko mengalami serangan jantung. Hal ini dibandingkan mereka yang tidak khawatir tentang situasi keuangan.

Dari hasil survei, diketahui sebesar 27 persen orang yang sangat stres karena kondisi keuangan, mengaku mengalami masalah pencernaan. Mulai dari mual, perut yang perih, hingga muntah. Sementara, keluhan yang dengan presentase paling tinggi, 65 persen adalah nyeri otot dan punggung.

Untuk mencegah permasalahan kesehatan yang diakibatkan kondisi keuangan, sebenarnya ada resepnya berupa membuat perencanaan keuangan yang matang. Peneliti mengungkap, dengan membuat perencanaan yang detail baik dalam hal pemasukan maupun pengeluaran, akan membuat seseorang lebih percaya diri dalam menghadapi masalah keuangan. Cara ini bisa mengurangi risiko masalah kesehatan akibat kekhawatiran finansial. (sj)

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa
Sidang Lanjutan sengketa perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Kubu 01 dan 03 meminta izin ke MK agar bisa menghadirkan sejumlah menteri dalam persidangan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024