NASIONAL

Sehari Tanpa Nasi, Walikota Depok Raih Rekor

Program Nur Mahmudi Ismail itu memecahkan rekor MURI Dunia.
Senin, 23 April 2012
Oleh : Anggi Kusumadewi
Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail

VIVAnews – Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail memecahkan rekor MURI Dunia dengan acara One Day No Rice atau Sehari Tanpa Nasi. Ia dijadwalkan menerima penghargaan atas rekor yang diraihnya itu di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senin 23 April 2012.

Acara ‘Sehari Tanpa Nasi’ kemarin digelar di Lapangan Tembak Kostrad Cilodong, Depok, dan diikuti oleh lebih dari 24.000 pelajar SD, SMP, SMA, SMK, guru, pegawai Pemerintah Kota Depok, dan masyarakat umum di Depok. Kegiatan tersebut selain untuk mempromosikan pangan pengganti nasi sebagai makanan sehari-hari warga Depok, juga untuk memeriahkan hari jadi Kota Depok ke-13.

“Rekor MURI-nya sudah pecah, bahkan kami meraih rekor internasional. Hari ini Pak Walikota Nur Mahmudi akan menerima anugerah rekor MURI di kantor Kemendikbud, Sudirman, Jakarta,” kata Humas Pemkot Depok De Rico Widodo kepada VIVAnews.

Acara ‘Sehari Tanpa Nasi’ yang berlangsung kemarin sempat diwarnai dengan pingsannya sekitar 11 orang siswa. Rico menjelaskan, para siswa yang pingsan itu ditangani tim medis yang telah disiagakan pada acara dihadiri puluhan ribu orang itu.

“Setelah dicek tim medis, ternyata mereka memang belum sarapan saat hendak berangkat ke acara itu,” ujar Rico. Ketika pihaknya memantau kondisi para siswa itu di sekolah mereka sembari memantau Ujian Nasional, siswa-siswa itu sudah kembali sehat dan masuk sekolah seperti biasa.

“Itu biasa, karena mereka belum sarapan maka kondisi fisik kelelahan,” kata Rico. Menurutnya, dalam acara ‘Sehari Tanpa Nasi’ di Lapangan Cilodong kemarin, para pelajar dan warga umum juga membawa bekal makanan sehari-hari, dan bukan berarti mereka tidak makan apa-apa dalam acara tersebut.

“Mereka makan makanan tanpa nasi. Jadi karbohidratnya saja yang diganti dengan pangan karbohidrat lain. Tapi lauk-pauk seperti ayam dan lain-lain, tentu saja tetap,” tutur Rico. Dengan kata lain, penyebab pingsannya kesebelas siswa itu bukan karena tidak makan nasi.

Walikota Depok Nur Mahmudi memang gencar mempromosikan penganan pengganti nasi sebagai makanan utama warga Depok. Ia bahkan mengeluarkan kebijakan tak populer dengan melarang Pegawai Negeri Sipil di Kota Depok makan nasi setiap hari Selasa.

Rico mengatakan, Satu Hari Tanpa Nasi dilaksanakan dengan tujuan mencapai ketahanan pangan nasional. Program ini dicanangkan sehubungan dengan tingginya tingkat kebutuhan beras di Kota Depok yang mencapai 180 ribu ton per tahun.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found