BNPB: Gempa Aceh Siang Tadi Tak Makan Korban

Gempa 8,5 SR melanda Aceh berpotensi tsunami
Sumber :
  • Dailymail

VIVAnews -- Gempa dengan kekuatan besar kembali menggoyang Kabuopaten Simeulue, Aceh, Minggu 15 April 2012. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, lindu terjadi dengan kekuatan 6,4 skala Richter terjadi pukul 12.57 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Pusat gempa berada di 2.49 LU - 90.33 Bujur Timur, 641 km Barat Daya Kabupaten Simeulue. Terjadi di kedalaman 121 kilometer.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, gempa tersebut tak menimbulkan korban jiwa dan korban luka. Lindu juga tak menyebabkan kerugian materiil.

"Gempa dirasakan cukup lemah oleh warga Simeulue dan sekitarnya," kata dia, Minggu petang. Hingga saat ini tak ada laporan kerusakan yang berarti. Aktivitas warga masyarakat berjalan normal.

Sementara, BPBD bersama instansi terkait masih memantau kondisi di lapangan.

Sebelumnya, pada Rabu 11 April 2012, Simeulue diguncang dua gempa besar, 8,5 SR dan 8,1 SR. Guncangan gempa bahkan dirasakan di hampir seluruh Pulau Sumatera.

Gempa memang tidak menimbulkan tsunami yang dikhawatirkan, meski demikian 10 nyawa melayang akibatnya. Korban nyawa terbanyak ada di Kabupaten Aceh Besar yakni enam orang. Mereka meninggal karena sebab yang sama: sakit jantung.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya
Launching New Honda Jazz

Mobil Bekas di Bawah Rp100 Juta: Ada MPV Mewah dan Hatchback Keren

Bagi Anda yang ingin memiliki mobil dengan budget terbatas, tak perlu khawatir! Saat ini banyak pilihan mobil bekas berkualitas dengan harga di bawah Rp100 juta yang bisa

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024