Pasca Gempa Aceh,

Alat Peringatan Tsunami Pantai Selatan Dicek

Sistem peringatan dini tsunami di Indonesia.
Sumber :
  • http://netsains.com/

VIVAnews - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul memeriksa seluruh peralatan early warning system (EWS) tsunami. Langkah ini diambil menyusul gempa berkekuatan 8,5 SR  di perairan Aceh.

"Kami sudah memeriksa semua EWS untuk memastikan semua peralatan berfungsi. Kami periksa kemarin," kata Kepala BPBD Bantul, Yogyakarta, Dwi Daryanto, kepada VIVAnews, Jumat 13 April 2012.

Dia menjelaskan, EWS atau peringatan dini tsunami tersebar di delapan titik di Pantai Selatan, yakni di kawasan Pantai Parangtritis, Pantai Pandansimo, Pantai Kuwaru, Pantai Samas tepatnya Gadingharjo, Pantai Depok, dan Pantai Parangkusumo. "Khusus pantai Parangtritis ada 2 EWS yang dipasang di sana. Mengingat jumlah pengunjung dan warga di sana yang sangat padat," jelasnya.

Selain kedelapan alat ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika juga menyumbang satu EWS tsunami yang kemudian diletakkan di Pantai Parangtritis.

Sebenarnya, kata dia, setiap tanggal 26,  BPBD mengaktifkan EWS untuk memeriksa kualitas suara sirine dan tanggap bencana. "Sekaligus menyampaikan pesan kepada masyarakat."

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN

Alat ini pun digunakan untuk menyampaikan pesan kepada warga mengenai tsunami. Jika ada gempa yang tidak berpotensi tsunami, imbuhnya, masyarakat jangan panik dan harus tetap tenang.

Dan, jika gempa ternyata berpotensi tsunami, BPBD mengimbau masyarakat segera menjauh dari pantai dan mengungsi. "Hal itu dilakukan setiap bulan supaya warga terbiasa dan tanggap bencana," tuturnya. (umi)

Reskrim Polres Metro Jakarta Barat meringkus sipir taksi online bernama Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Reskrim Polres Jakarta Barat, meringkus sopir taksi online, Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya. Dia sedang istirahat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024