Gempa Aceh Diawali Lindu 10 Januari 2012

Peta Gempa Aceh 8.5 SR
Sumber :
  • ptwc.weather.gov

VIVAnews -- Dua gempa dengan kekuatan besar, yang mengguncang Aceh Rabu 11 April 2012 dengan 8,3 skala Richter pada pukul 15.38 WIB, tidak serta merta terjadi. Lindu yang berpusat di kedalaman 10 kilometer dan berdaya jangkau 110 km ke daratan itu, adalah sambungan dari gempa yang terjadi awal 2012.

Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?

Tepatnya 10 Januari 2012 dengan kekuatan 7,2 skala Richter. Lokasinya juga sama yakni Simeulue, Aceh. Secara spesifik gempa itu terjadi di zona konstruksi lempeng kerak samudera.  "Tempat dan karakter kedua gempa itu sama,"ujar Peneliti Puslit Geoteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Nugroho Hananto, dalam sebuah diskusi tentang dampak gempa Rabu kemarin itu. Diskusi itu digelar di gedung Sate Bandung, Kamis 12 April 2012.

Nugroho menjelaskan bahwa gempa kemarin  berasal dari sedimen di atas kerak samudera, bukan megathrust seperti gempa yang memicu tsunami tahun 2004 lalu. "Karakter gempa kemarin memang tidak akan menimbulkan kerusakan hebat serta tsunami yang menghantam wilayah daratan," papar Nugroho.

Di Sumatera, dia menambahkan, ada tiga sumber gempa, yakni megathrust terjadi di utara Simeuleu, penunjaman lempeng miring yang bergerak, serta ada megathrust dalam zona subduksi. "Mayoritas gempa bumi besar di bumi, hampir semuanya sesar geser, di mana sebagian kecil ada di daerah sesar geser lempeng bergerak," tutur Nugroho.

Khusus di Sumatera, permukaan lautnya berkarater tidak rata. Dimana terdapat gunung, lembah dan bukit-bukit. "Di Sumatera yang terbesar yakni kerak samudera, di tempat lain belum ada yang lebih besar, hingga saat ini. Namun jika ada di masa lalu saya tidak tahu," terang Nugroho.

Efek getaran gempa di Simeleue itu tidak lazim, lantaran berada di dataran kerak samudera. Mengapa gempa itu tidak menimbulkan kerusakan berat ketimbang gempa yang terjadi Desember 2004 itu?  Sebab, jawab Nurgoho, patahan gempa 2004 itu  menjalar jauh ke Andaman. Menjalar lewat patahan 1.300 km west Andaman fault. Gempa itu menjalar ke satu arah sehingga menimbulkan kerusakan. Sementara gempa kemarin menyebar tidak satu arah tapi menyebar. Sehingga tekanannya terbagi.

Pesan Widodo Untuk Pemain Arema FC Usai Kalah Dari Rival 
Ketua Tim Pembela Demokrasi dan Keadilan (TPDK) Ganjar-Mahfud Todung Mulya Lubis

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Ketua Tim Hukum pasangan calon Presiden Ganjar Pranowo dan calon Wakil Presiden Mahfud MD, Todung Mulya Lubis mengungkap alasan Risma hingga Sri Mulyani dihadiri di MK.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024