Air Laut di Simeulue Sempat Surut 10 Meter

Gempa 8,5 SR melanda Aceh berpotensi tsunami
Sumber :
  • Dailymail

VIVAnews - Gempa yang melanda Aceh dengan kekuatan 8,5 SR sempat membuat warga di perairan Simeulue was-was. Pasalnya, saat gempa air laut sempet surut sejauh 10 meter dari bibir pantai.

Salah satu wartawan Harian Aceh yang ada di Simeuleu Barat, Ahmad mengatakan ketinggian laut ini kemudian normal kembali. "Memang bergelombang tapi, tidak ada gelombang tinggi atau tsunami," kata dia yang tetap memantau pantai di sana. Gelombang ini pun, kata dia, tidak sampai melanda pemukiman warga.

Gelombang tersebut, kata dia, tepatnya terletak di Desa Baan, Kecamatan Simeulue Barat. "Tepatnya di Teluk Sibigo."

Sebagian besar warga, kata dia, sudah mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Sementara warga lainnya ada yang berjaga-jaga di depan rumah masing-masing. "Kerusakan dan korban jiwa belum ada laporan resmi dari instansi," imbuhnya.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Gempa yang berpusat di kedalaman 10 kilometer ini terjadi pukul 15.38 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengeluarkan peringatan dini tsunami setelah gempa ini. Hingga pukul 17.30 WIB, peringatan tersebut belum dicabut. (umi)

Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024