Kemenhan Kembangkan Roket Tembak R-Han 122

Uji Coba Roket Pertahanan (R-Han) 122 MM
Sumber :
  • Kementerian Pertahanan

VIVAnews - Kementerian Pertahanan kembali melakukan uji coba penembakan Roket Pertahanan (R-Han) 122 MM. Pengujian dilakukan di Pusat Latihan Tempur TNI AD, Baturaja, Sumatera Selatan, Rabu 28 Maret 2012.

Roket R-Han 122 adalah buatan dalam negeri. "Ini dalam upaya meningkatkan kemandirian industri pertahanan dalam negeri, khususnya roket," demikian keterangan tertulis Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan, yang diterima VIVAnews.com, Kamis 29 Maret 2012.

Viral! Oknum Polisi Diduga Aniaya Istrinya, Ini Kata Polda Sumatera Utara

"Pengembangan roket R-Han 122 dalam rangka mengurangi ketergantungan pengadaan dari luar negeri dengan memberdayakan potensi dan kemampuan industri pertahanan dalam negeri."

Uji tembak kemarin adalah tindak lanjut sekaligus evaluasi dari uji sebelumnya yang digelar November 2011. Uji coba Roket R-Han 122 MM kali ini meliputi pengujian fungsi subsistem roket, fungsi peluncuran produksi Pindad (2 unit peluncur 16 tabung) dan sistem penembakan, dengan penembakan 50 roket (warhead tajam dan dummy).

Roket R-Han 122 MM merupakan derivasi dari pengembangan roket sebelumnya yang berkaliber 122 MM dengan kecepatan maksimum 1,8 mach. "R-Han 122 MM berfungsi sebagai senjata yang berdaya ledak optimal dengan sasaran darat ke darat dan jarak tembak mencapai 15 km."

Uji coba serta evaluasi secara terus menerus, diharapkan Program Roket Nasional dengan nama R-Han 122 tersebut nantinya dapat mencapai hasil yang maksimal dan siap diproduksi sesuai keinginan pengguna dalam hal ini TNI.

"Penyempurnaan roket R-Han 122 akan dilakukan pada uji coba berikutnya pada tahun 2014 dan hasilnya diharapkan dapat mencapai jarak mencapai angka tiga digit, sehingga sudah dapat digunakan oleh Satuan Armed TNI AD serta Korps Marinir," kata  Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sjafrie Sjamsoeddin dalam rilis tersebut.

Pengembangan Roket R-Han 122 MM melibatkan sejumlah pihak. Yakni, PT Dirgantara Indonesia yang berperan dalam pengembangan struktur dan desain roket, PT Pindad mengembangkan launcher dan firing system menggunakan platform truk GAZ dan truk Nissan, warhead.

Juga ada PT Dahana yang berperan dalam menyediakan propellant. Sementara, Badan Meteorogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendukung alat pemantau cuaca dan penentu posisi jatuh roket, dan ITB turut menyediakan sistem kamera nirkabel untuk menangkap dan mengirim gambar di lokasi target atau sasaran. (umi)

Marc Marquez

Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

Pembalap Gresining Racing, Marc Marquez kehilangan kesempatan naik podium pada MotoGP Amerika 2024 di Sirkuit Austin, Texas, Minggu 14 April 2024. Federal Oil percaya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024