173 Ribu Kelas SD-SMP Direhab Tahun Ini

Boediono memantau persiapan mudik di Stasiun Senen
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews- Wakil Presiden Boediono mengatakan rehabilitasi sekolah rusak ditargetkan selesai tahun ini. Pemerintah menargetkan pembangunan 173 ribu ruang kelas SD-SMP bisa segera rampung.

Boediono menaruh perhatian pada masalah bangunan sekolah rusak karena menurutnya pendidikan adalah investasi kemajuan anak bangsa. Ia sendiri merasa gembira mengetahui pihak komite sekolah melakukan upaya perbaikan meski pemerintah memberikan bantuan dalam program rehabilitasi sekolah.

"Saya senang, tadi saya cek, pengelolanya kompeten, ada kepala sekolah yang melaksanakan secara swakelola. Kalau dilaksanakan dengan baik tentu sangat ekonomis. Tidak perlu ada margin untuk pemborong atau kontraktor, tidak perlu ada pajak. Jadi memang dilaksanakan secara kolegial," kata Boediono dalam kunjungannya di Cilegon, Banten, Minggu 25 Maret 2012.

Boediono senang pihak sekolah turut berperan dalam rehabilitasi sekolah rusak dengan bantuan swakelola bersama masyarakat sekitar. Pemerintah, lanjutnya, juga sudah mengajukan usulan program rehabilitasi sekolah menengah atasĀ  (SMA) dalam APBN-Perubahan 2012. "Kita sudah usul rehab tingkat SMA," kata Boediono.

Dalam kunjungannya itu, Boediono juga mencermati kondisi infrastruktur di Cilegon, khusunya perbaikan jalan rusak. Pemerintah juga telah mengusulkan program perbaikan jalan dalam APBN-P 2012.

"Saya menerima banyak laporan yang terkait jalan rusak. Ini saya kira perlu perhatian kita untuk kita carikan nanti pembiayaan yang cukup. Karena urat nadi dari sektor riil itu adalah jalan," ujar Boediono di Cilegon, Banten, Minggu 25 Maret 2012.

Meski begitu, Boediono menambahkan, pemerintah juga sudah mengusulkan program perbaikan jalan dalam APBN-P 2012. "Dalam APBN-P kita usulkan cukup byk tambahan-tambahan," kata Boediono.

Terkait masalah pinjaman komersial pihak pelaksana perbaikan jalan penghubung Jembatan Selat Sunda (JSS) dengan Jalur Lingkar Selatan (JLS) di Cilegon, menurut Boediono, juga menjadi perhatian pemerintah.

Pemerintah berharap proyek Jalur Lingkar Selatan dapat diselesaikan tahun ini, dengan keterlibatan pemerintah pusat, daerah dan kalangan industri. "Jadi Krakatau Steel dan beberapa industri lain masuk untuk menyelesaikan Jalur Lingkar Selatan ini, di tahun ini kita harapkan selesai," kata Boediono.

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi
Tamara Bleszynski

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah

Tamara Bleszynski mengungkap anaknya tersebut ditabrak orang tak bertanggung jawab tepat di depan rumahnya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024