Amankan Pilkada Aceh, Polri Kirim 400 Brimob

Apel Operasi Lilin Jaya 2010
Sumber :
  • ANTARA/Fanny Octavianus

VIVAnews -- Menjelang pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) Nangroe Aceh Darrusalam, Polri mengerahkan 400 personel Brimob. Pasukan diberangkatkan pagi ini, Rabu 14 Maret 2012.

"Kami kerahkan hari ini sebanyak 400 personel Brimob di BKO-kan ke Aceh untuk pengamanan pemilihan kepada daerah di Aceh. Mengingat situasi dan kondisi di Aceh menjelang Pilkada," ujar AKBP M. Nainggolan, Kasubbid Pengelola Informasi dan dokumentasi Humas Polda Sumut.

Dalam acara pelepasan pasukan yang diadakan di lapangan Mapolda Sumut, AKBP Nainggolan juga menerangkan, 400 pasukannya yang diturunkan ke Aceh hari ini akan bertugas sampai proses pemilu selesai.

"Mereka di sana akan ditugaskan mengamankan pemilukada sampai nanti terpilih kepala daerah baru dan telah diumumkan KPU, tugas mereka untuk mengamankan dan menjaga kekondusifan Aceh menjelang dan sesudah pemilu nanti," terangnya.

Ke- 400 personil Brimob yang dikerahkan untuk pengamanan pemilukada aceh tersebut berasal dari Polda Sumut 100 personil, Polda Sumbar 99 orang, Polda Riau 100 orang, Polda SumSel 101 orang.

Berdasarkan Surat Perintah Mabes Polri terhitung 400 personel Brimob tersebut bertuga sejak 18 Maret hingga 3 Juni 2012. Bisa lebih lama jika situasi dan kondisi memungkinkan.

PVMBG Beberkan Kronologi Kenaikan Aktivitas Gunung Ruang Sebelum Meletus

Hari ini, kurang dari sebulan dari pelaksanaan pilkada, deklarasi damai pilkada digelar di Aceh. Tak hanya bagi lima pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, tapi juga para calon bupati dan walikota di seluruh Aceh.

Menkopolhukam, Djoko Suyanto dalam sambutannya berpesan agar para calon bersaing secara sehat. "Perbedaan jangan sampai mengorbankan keamanan, perdamaian, dan merugikan masyarakat Aceh. Yang penting, yang kalah harus menerima dengan rendah hati dan mendukung semua program yang dijalankan kandidat terpilih," kata dia.

Sejumlah aksi kekerasan diduga terkait Pilkada terjadi di Aceh. Salah satunya pada Kamis 8 Maret 2012 dini hari, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK/DPRD) Lhokseumawe, Syarifuddin Yunus ditembak orang tak dikenal. (eh)

Real Madrid vs Manchester City

Kata Guardiola Usai Manchester City Disingkirkan Real Madrid

Manchester City Disingkirkan Real Madrid dari perempat final liga Champions.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024