Borobudur Targetkan 10 Juta Pengunjung

VIVAnews - Pemerintah berkomitmen menjadikan Borobudur menjadi kunjungan wisatawan berkelas dunia. Borobudur sebagai cagar budaya dunia akan menarik wisatawan akan memberikan kesempatan pertumbuhan ekonomi bagi daerah dan nasional.

Melalui PT Taman Wisata Candi Borodudur, Prambanan dan Ratu Boko menargetkan pencapaian wisatawan 10 juta pengunjung dalam waktu lima hingga sepuluh tahun kedepan.

"Wisata akan menyumbang pada devisa dan perekonomian daerah," ujar Komisaris Utama PT. Taman Wisata Borobudur, Darmono pada Business Gathering bertema Revitalisasi Borobudur sebagai Tujuan Wisata Tingkat Dunia di Bellagio Boutique Mall Mega Kuningan Jakarta Selasa 11 Februari 2009.

Jumlah kunjungan ke Borobudur kini masih mencapai tiga juta pengunjung dengan kunjungan wisatawan asing mencapai 200.000 pengunjung pada 2008.

Menurut Darmono, jika target 10 juta kunjungan pertahun tercapai industri pariwisata nasional  merealisasikan pendapatan yang signifikan bagi ekonomi negara. "Apabila masing-masing wisatawan menghabiskan US$ 1.000 saja, kita sudah mendapatkan devisa yang sangat besar," katanya.

PT Taman Wisata Borobudur yang tahun lalu menghasilkan pendapatan Rp 60 miliar, sebagian akan dipakai untuk merevitalisasi kawasan. 

Revitalisasi Borobudur dalam waktu dekat memberdayakan dengan membenahi fasilitas yang ada. Sosialisasi dan promosi lewat travel agent baik di dalam dan luar negeri untuk mengubah persepsi masyarakat lokal nasional dan mancanegara mengenai Borobudur.

Sementara revitalisasi jangka panjang melibatkan pihak terkait dari pemerintah pusat, daerah, swasta dan masyarakat. Rencananya revitalisasi mencakup luasan wilayah 600 hektar. "Usulan unesco 10.000 hektar, yang nanti akan dibahas lebih lanjut," ujarnya.

Secara bertahap, kata Darmono, pihak berwenang akan membenahi masalah keamanan dan kenyamanan serta fasilitas di kota sekitar aset nasional itu.

Darmono mengatakan, perusahaan menggelar pagelaran seni dan budaya diantaranya Ramayana dan Mahayana agar meningkatkan waktu kunjungan ke pusat budaya berusia 1200 tahun tersebut serta daerah sekitarnya.

Masyarakat Diimbau Waspada Terhadap Penawaran Paket Umrah dan Haji Harga Murah
Petugas dari Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Polres Metropolitan Tangerang melakukan perekaman data pemohon SIM di Mal Pelayanan Kantor Pemerintahan Kota Tangerang, Tangerang, Banten

SIM Mati Bisa Diperpanjang, Tidak Perlu Bikin Baru

Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah dokumen penting bagi pengguna kendaraan bermotor. Masa berlaku SIM memiliki batas waktu, dan perlu diperpanjang sebelum habis. Pada hari

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024