Gayus Bantah Kenal Dhana "The Next Gayus"

Sidang Vonis Gayus Tambunan
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Terdakwa kasus korupsi dan pencucian uang Gayus Halomoan Tambunan membantah mengenal Dhana Widyatmika, tersangka kasus rekening miliaran yang juga eks pegawai Direktorat Jenderal Pajak.

Meski Dhana adalah seniornya di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). "Saya tidak kenal," kata Gayus usai menghadapi sidang vonis di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis 1 Maret 2012.

Gayus pun enggan menanggapi kasus yang menyeret pegawai pajak yang dijuluki 'The Next Gayus' itu. Begitupun saat ditanya soal kelaziman praktik korupsi di Ditjen Pajak. "Itu semua sudah ada di media," ujar Gayus.

Gayus divonis enam tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 4 bulan kurungan oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Gayus telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi dengan menerima gratifikasi, suap dan pencucian uang.

Sementara, Dhana saat ini telah dijadikan tersangka oleh Kejaksaan Agung,  karena transaksi yang dimilikinya tidak sesuai profilnya sebagai pegawai negeri.

Dhana dan istrinya, DA, disebut memiliki pundi-pundi miliaran rupiah. "Ada Rp8 miliar, lalu ada pula Rp20 miliar," kata sumber VIVAnews. Uang itu belum termasuk pundi mata uang asing senilai US$270.000 atau setara dengan Rp2,4 miliar lebih. Juga belum termasuk logam mulia seberat 1 kg.

Dhana juga diketahui memiliki bisnis minimarket dan showroom jual beli truk bekas. Lantas, berapa kekayaan Dhana yang dilaporkan ke negara? Dhana sempat melaporkan hartanya pada 24 Juni 2011, saat itu dia menjabat sebagai Account Representative Kantor Pelayanan Pajak Penanaman Modal Asing Enam.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara yang diterima KPK, total kekayaan Dhana berjumlah Rp1.231.645.025. Jumlah itu terdiri atas harta tidak bergerak yang nilainya mencapai Rp686.722.000. Harta itu terdiri dari tanah dan bangunan seluas 125 meter persegi dan 45 meter persegi di Depok, Jawa Barat. (eh)

Buntut Polemik Dana Pembangunan Masjid, Perilaku Buruk Masa Lalu Daud Kim Kini Mencuat
Pasukan ISIS di Suriah (Doc: The Cradle)

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Setidaknya 20 pejuang dari Liwa al-Quds, sebuah kelompok bersenjata Palestina yang mendukung tentara Suriah, tewas ketika bus mereka disergap oleh militan tak dikenal.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024