Jelang Pensiun Harifin Tumpa Luncurkan 3 Buku

Ketua Mahkamah Agung, Harifin A. Tumpa
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Jelang pensiun dari jabatannya sebagai Ketua Mahkamah Agung, Harifin Andi Tumpa akan meluncurkan buku biografi. Rencananya peluncuran digelar pukul 16.00 WIB hari ini di Gedung MA, Jakarta.

Menurut Harifin, buku biografi tersebut disusun oleh Sekretaris MA, Nurhadi. "Saya hanya memberi bahan saja, yang meramu beliau ini (Nurhadi) dan timnya yang berjumlah 20 orang, serta wartawan senior," kata Harifin kepada VIVAnews, di kantornya.

Menurut Harifin, bukunya itu menggambarkan kehidupan sewaktu kecil, masa sekolah, menjadi pegawai dari golongan 2A, sampai ke puncak tertinggi dalam kariernya, menjadi Ketua MA.

"Barangkali ada hal-hal yang penting di dalam perjalanan hidup itu perlu diketahui oleh hakim-hakim muda, bagaimana dia seharusnya menjalani karier supaya bisa sukses," ungkapnya.

Tak hanya buku biografi, Harifin juga akan meluncurkan dua buku lainnya. Buku pertama berjudul "Menuju Peradilan Agung". Buku ini berisi tentang kumpulan tulisan mulai dia dipercaya untuk mengajar di hakim-hakim sampai akhirnya dipercaya menjadi hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

Buku kedua berjudul "Menguak Roh Keadilan di dalam Putusan Hakim". Di dalam buku ini Harifin mencoba menganalisa putusan-putusan hakim dalam ukuran roh keadilan.

"Ada Prita, ada kasus lain-lain, itulah yang kemudian saya ulas dalam buku itu. Mencoba bagaimana kita mengungkap rasa keadilan itu di dalam putusan, karena prinsip saya tugas hakim adalah menegakkan hukum dan keadilan," tuturnya.

Dia berharap, ketiga buku yang diluncurkan hari ini dibaca oleh para hakim. Sehingga wawasan hakim menjadi terbuka untuk menyelaraskan antara hukum dan keadilan.

"Bagaimana menegakkan keadilan dengan tidak merobek ketentuan undang-undang," pungkasnya. (eh)

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023
Persib Bandung vs Bhayangkara FC

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Persib Bandung berbagi poin dengan Bhayangkara FC dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024