Jokowi: Sudah Teruji Esemka Bukan Odong-odong

Walikota Solo, Joko Widodo, menggelar jemasan untuk mobil Kiat Esemka
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Shodiq

VIVAnews -- Ketangguhan mobil Esemka telah dibuktikan dengan menempuh perjalanan jauh Solo-Jakarta pulang pergi. Masa depan mobil karya murid-murid sekolah kejuruan itu akan ditentukan hasil uji emisi di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Serpong, Tangerang.

Meski belum jelas, Walikota Solo, Joko Widodo mengaku tetap optimistis. "Ya optimis dong, perkara lolos nggak lolos ya nanti," ujarnya kepada VIVAnews.com, Selasa 28 Februari 2012 malam.

Bagi Jokowi, tak ada langkah mundur bagi mobil Esemka. "Namanya maju ya semangat dong," kata dia.

Jokowi menyatakan, kemampuan Esemka menempuh perjalanan darat antarkota, antarprovinsi, adalah sebuah bukti. Dia mengaku sengaja tak mengangkut Esemka dengan trailer. "Kami ingin menunjukkan, mobil ini memang bukan mobil kemarin sore. Bukan mobil odong-odong. Odong-odong itu yang dijual di alun-alun tettetetet itu," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi tak pernah menyangka, keputusannya memakai Esemka bakal ramai, mendapat sambutan dari publik. Banyak yang mendukung, ada juga yang membuatnya jengkel.

Apa itu? "Yang membuat saya jengkel ada yang mengatakan mobil Esemka itu jelek. ini produk kita sendiri, ya anak-anak SMK itu, kok ya ada yang berani-berani mengatakan begitu. Ada yang mengatakan mobil bodong. Tapi tetap saya pasangi plat AD 1 A," kata Jokowi.

Berkat Esemka, Jokowi tadi malam mendapat penghargaan Charta Politiki. Ia dinilai sebagai   memiliki intensitas pernyataan yang tinggi dan berpengaruh positif di media. Gebrakan Jokowi memakai mobil dinas karya anak SMK mendapat peliputan yang tinggi. Jokowi juga dinilai sukses menata pemerintahan kota Solo. (umi)

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur
Ilustrasi meruqyah

Cara Ruqyah Diri Sendiri Sesuai Syariat Islam, Agar Terbebas dari Gangguan Jin

Ruqyah atau Rukyah merupakan metode pengobatan menggunakan doa pada orang yang sakit akibat dari ‘ain (pandangan), sihir, rasa sakit, hingga gangguan jin.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024