NASIONAL

Lomba Lukis Anak-anak Internasional

Lomba ini diikuti anak-anak dari Indonesia, Rusia, Uzbekistan, India, Thailand, dan Serbia

ddd
Rabu, 11 Februari 2009, 10:36
 
  (VIVAnews/Mutia Nugraheni)

VIVAnews - Untuk pertama kalinya Kedutaan besar Rusia di Indonesia mengadakan lomba lukis anak-anak Internasional. Perlombaan ini diadakan untuk merayakan Hari Diplomat Rusia pada 10 februari 2009. Lomba lukis diikuti oleh anak-anak dari berbagai negara. Yaitu, Indonesia, Rusia, Uzbekistan, India, Thailand, dan Serbia.

Lomba tersebut terdiri dari tiga kategori. Kategori pertama adalah usia 3 hingga 8 tahun. Kategori kedua adalah usia 8 hingga 11 tahun dan kategori ketiga adalah 11 hingga 14 tahun. Meskipun lomba ini baru
pertama kali dilakukan, ternyata peminatnya cukup banyak. Panitia lomba menerima 220 lukisan dari ketiga kategori.

Dari 220 lukisan kemudian dipilih 76 lukisan terbaik oleh juri. Lukisan tersebut kemudian dipamerkan di Pusat Kebudayaan Rusia, Jl. Diponegoro No: 12 Jakarta Pusat. Salah satu finalis lomba lukis bernama
Novia,berusia 7 tahun dan berasal dari Surabaya. Dalam lukisannya ia menggambar permainan kuda lumping.

"Aku suka lihat permainan kuda lumping, jadi aku gambar aja," kata Novia. Selain Novia ada anak-anak dari daerah lainnya seperti Magelang, Yogyakarta, Palembang, Suarakarta, dan Bogor.

Menurut Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Alexander Ivanov perlombaan ini dibuat mendekatkan hubungan antara Indonesia dan Rusia."Kami ingin membuat hubungan Indonesia dan Rusia menjadi lebih dekat. Selain itu, kami juga ingin saling memperkenalkan budaya masing-masing baik untuk anak Indonesia maupun Rusia,"kata Ivanov.

Nah, untuk tema lukisan bermacam-macam. Ada yang melukis tentang budaya seperti Novia, ada juga yang melukis tentang alam. Dewan jurinya terdiri dari tokoh budaya dan beberapa pelukis.

Setelah melewati proses penjurian, inilah pemenangnya. Pemenang untuk kategori 3-8 tahun adalah juara pertamanya adalah Tara Elrica Liputra dengan lukisan yang berjudul Borobudur.

Untuk kategori 8-11 tahun juara pertamanya adalah Gabriela Diandra Ganesh dengan lukisannya yang berjudul "Keragaman Budaya Indonesia". Lalu untuk kategori 11-14 tahun, pemenangnya adalah A. Kavalena dengan lukisannya yang berjudul "Danau Angsa".



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com