Kerugian Banjir Bandang Pasaman Nyaris Rp13 M

banjir bandang pasaman
Sumber :
  • ANTARA/Arif Pribadi

VIVAnews - Hari ini, warga dan petugas dari tim gabungan mulai membersihkan sejumlah lokasi yang disapu banjir bandang di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Rabu malam lalu. Data sementara, kerugian material akibat bencana ini mencapai Rp12,9 miliar.

Menurut Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman M Nasir, sejumlah warga yang rumahnya mengalami rusak berat masih mengungsi di sejumlah tempat, seperti tempat ibadah, sekolah, dan rumah keluarga terdekat.

Hingga kini, warga masih takut untuk kembali ke rumah masing-masing karena khawatir bencana banjir bandang susulan. Para warga hanya berani kembali ke rumah saat siang hari, sementara malamnya, mereka kembali ke pengungsian.

Dari data sementara yang dihimpun BPBD setempat, kerugian materi akibat bencana alam ini ditaksir mencapai Rp12,9 miliar. Pihaknya masih terus memverifikasi jumlah kerugian ini selama masa tanggap darurat yang berlangsung selama dua pekan.

Data sementara hingga pagi tadi, Kecamatan Simpang Alahan Mati (Simpati) menjadi daerah dengan dampak banjir terparah. BPBD memperkirakan kerugian di kecamatan ini mencapai Rp10,6 miliar. Di kecamatan tersebut, sebanyak 135 unit rumah warga mengalami kerusakan dari berat hingga ringan.

Selain itu, sekitar 120 hektare areal sawah rusak. Banjir bandang juga merusak 11 jembatan dan 13 saluran irigasi. Sejumlah fasilitas umum lainnya berupa jalan raya sepanjang 1 kilomter mengalami kerusakan di sembilan titik.

Satu unit rumah ibadah, empat los di Pasar Simpang, serta satu unit Pusat Kesehatan Masyarakat ikut rusak karena disapu banjir bandang.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Selain Kecamatan Simpang Alahan, kerugian juga dialami Kecamatan Tigo Nagari. Di sini, 30 unit rumah rusak ringan hingga berat. Satu jembatan rubuh dan dua lainnya rusak berat. Banjir juga merusak lima saluran irigasi di kecamatan tersebut dan dua unit rumah ibadah.

Banjir bandang juga menyeret tiga mobil dan 39 unit sepeda motor serta merusak sawah warga seluas 50 hektare. Di kecamatan tersebut, kerugian ditaksir mencapai Rp2,2 miliar.

 “Angka ini masih terus diverifikasi untuk mempermudah penyaluran bantuan terutama yang berkaitan dengan kerusakan rumah dari berat, sedang, dan ringan,” kata Nasir.

Siang ini, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif direncanakan akan berkunjung ke lokasi bencana. Seperti diketahui, banjir bandang yang terjadi Rabu, 22 Februari 2012, disebabkan karena meluapnya Batang Malampah dan Batang Buluh yang melintas di antara dua kecamatan tersebut.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Pihak Rusia keluarkan potret pelaku ISIS terorisme di Moskow

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Kelompok teroris ISIS baru saja telah merilis sebuah video teror yang mengancam Rusia dan Presiden Vladimir Putin karena menyiksa para anggotanya saat berada di dalam tah

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024