Jambi Tak Terima Pulau Berhala Masuk Kepri

Pulau Berhala yang diperebutkan Kepulauan Riau dan Jambi
Sumber :
  • Antara/ Henky Mohari

VIVAnews - Rupanya konflik klaim kepemilikan Pulau Berhala antara Provinsi Jambi dan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) belum selesai di meja Mahkamah Agung. Setelah terbit keputusan Mahkamah Agung (MA) yang menyatakan Pulau Berhala sah milik Kepri, Provinsi Jambi rupanya masih belum terima.

Pemerintah Provinsi Jambi tidak serta-merta mau menerima putusan MA tersebut, karena dianggap janggal. "Semestinya bila memang MA mengabulkan Judicial Review atas Permendagri No. 44/2011 tentang Kedudukan Pulau Berhala  maka pulau itu masuk wilayah administratif Provinsi Jambi, bukan memutuskan pulau itu akhirnya masuk wilayah administratif Kepri. Seharusnya kembalikan ke posisi awal, status quo," ujar Hasan Basri Agus, Gubernur Jambi, kepada wartawan, di Jambi, Jumat 17 Februari 2012.

Menurut Hasan Basri, masih perlu lagi dilakukan uji materi. Memang ada kelemahan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 44 Tahun 2011, tentang Wilayah Administrasi Pulau Berhala tertanggal  29 September 2011 dan telah diundang-undangkan pada tanggal 7 Oktober 2011 oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Republik Indonesia, Patrialis Akbar, dalam Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2011 Nomor 625, menyatakan Pulau Berhala masuk dalam wilayah Administrasi Kabupaten Tanjungjabung Timur, Jambi.

"MA memang mempermasalahkan peraturan itu, seharusnya berupa Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri. Kami tak akan berdiam diri, walau yang digugat pemerintah Kepri itu Peraturan Menteri Dalam Negeri, kami siap dukung, karena kami yang berkepentingan," ujarnya.

Pemerintah Jambi, lebih lanjut dikemukakan Hasan Basri, akan meminta kepada Menteri Dalam Negeri RI segera membuat Surat Keputusan menyatakan Pulau Berhala milik Provinsi Jambi. "Kami akan berupaya sekuat tenaga, karena sejak peraturan Menteri Dalam Negeri menyatakan Pulau Berhala milik Provinsi Jambi, mulai tahun 2012 kita telah mengeluarkan anggaran dan sedang dilakukan upaya pembangunan pulau memiliki luas sekitar 10 kilometer persegi tersebut, sebesar Rp200 juta untuk pembangunan perumahan warga dan pasilitas umum lainnya," kata gubernur.

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I
Billy Syahputra

Dekat dengan Banyak Wanita, Billy Syahputra Gerah Sering Dijodohkan

Billy Syahputra mengaku sempat ‘gerah’ dengan komentar netizen yang selalu menjodoh-jodohkannya dengan wanita yang dekat dengannya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024