NASIONAL

BIN Ungkap Penyebab Gejolak di Papua

Selain kesenjangan sosial, penegakkan hukum khususnya pemberantasan korupsi tidak jalan

ddd
Kamis, 16 Februari 2012, 21:05
Kerusuhan Kongres Rakyat Papua III
Kerusuhan Kongres Rakyat Papua III (REUTERS/ Stringer )

VIVAnews - Wakil Kepala Badan Intelijen Negara, Sjamsoedin, diminta  menjelaskan temuan BIN soal gejolak di Papua dan Aceh dalam rapat kerja dengan tim pengawas otonomi khusus Papua-Aceh, Kamis 16 Februari 2012

Namun, Sjamsoedin tidak bersedia menjelaskan semua yang dia ketahui mengenai masalah yang ada di Papua maupun Aceh. Ini karena semua informasi yang dimiliki oleh BIN bersifat rahasia.

Pimpinan rapat itu, Priyo Budi Santoso, kemudian meminta Sjamsudin untuk menjelaskan apa yang perlu dipublikasikan. "Karena data BIN bersifat rahasia, silahkan dijelaskan apa yang bisa dipublikasikan," kata Priyo.

Sjamsoedin pun hanya mengungkapkan bahwa permasalahan krusial di Papua adalah kesenjangan sosial antara pejabat daerah dan masyarakat.

"Dilihat dari aspek titik beratnya masalah keamanan, sebenarnya bukan hanya itu, cuma aspek sosial juga perlu memang itu yang banyak dipermasalahkan di kampung-kampung," kata dia.

Selain itu, penegakkan hukum, khususnya pemberantasan korupsi, juga tidak berjalan di sana. "Temuan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) tidak ada tindak lanjut," kata dia.

Rapat ini dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Panglima Tentara Negara Indonesia Laksamana Agus Suhartono, Kepala Polri Jenderal (Pol) Timur Pradopo, Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin, Wakil Kepala Badan Intelijen Negara Sjamsoedin, dan Ketua Komisi Pemilihan Umum Hafiz Anshary. (ren)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
awawi
24/02/2012
BIN otak hampir keseluruhan kekacauan dalam 2010-211-detik ini, salah satu bukti, coba tangkap dan buktikan siapa pelaku penembakan misterius di area tambang freeport?, jika tidak DPR-RI hentikan pembahasan APBN utk BIN, negara rugi biayai BIN.
Balas   • Laporkan
fmasso1
17/02/2012
bin, kan biangx kericuan di tanah papua,gimana mungkin maling teriak maling,...!!!, banyak fakta di papua ketrlibtan bin pada berbagai kericuan, pertwa penembankan di nafri, puncak jaya, timika, uncen berdra dll tu. bin kan senang papua tdk aman
Balas   • Laporkan
Vanilla_Ice
17/02/2012
...isu merdeka itu isu lawas..krn itu pemerintah kucurkan dana bnyk ke sana..tapi malah dikorupsi oleh pejabat yang anak daerah sendiri..terjadi kesenjangan..krn itu rakyat di pedalaman gampang dibujuk opm.
Balas   • Laporkan
bambang_bh70
17/02/2012
kepala bapeda pegunungan bintang punya rumah di yogya mewah banget
Balas   • Laporkan
sampang_q
16/02/2012
memang salah satu faktor adalah kesenjangan sosial, jadi pemerintah pusat hrs pintar2 menyiasati bagaimana dana2 pusat tdk disalah gunakan oleh oknum yg tdk bertanggungjawab demi kesejahteraan masyarakat papua. klo bisa bukan hanya di papua dan aceh saja.
Balas   • Laporkan
hmfti-itb
16/02/2012
Laper oey.................
Balas   • Laporkan
cahgenius
16/02/2012
BIN. penyebabnya karena rakyat papua pingin merdeka dan diabok obok oleh amerika dan australia . sampai kiamat kalau pemerintah ndak tegas pasti akan seprti ini terus
Balas   • Laporkan
Vanilla_Ice | 17/02/2012 | Laporkan
...isu merdeka itu isu lawas..krn itu pemerintah kucurkan dana bnyk ke sana..tapi malah dikorupsi oleh pejabat yang anak daerah sendiri..terjadi kesenjangan..krn itu rakyat di pedalaman gampang dibujuk opm.


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id