Papua Diusulkan Terbagi Jadi 3 Provinsi

Gubernur Papua Barat Abraham Octavianus Atururi (kanan)
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Gubernur Papua Barat, Abraham Aturuli, mengusulkan agar Pulau Papua yang milik NKRI dibagi menjadi tiga provinsi, yaitu Papua Utara, Papua Tengah dan Papua Selatan. Ini agar masing-masing daerah di Papua dapat mengurus masalah sendiri dengan lebih efektif.

Siap-siap Angkat Kaki dari Manchester United

"Jadi ada tiga gubernur, tiga wakil gubernur, tiga bupati," kata Abraham dalam rapat kerja dengan Tim Pengawas Otonomi Khusus Papua-Aceh di Gedung DPR, Kamis 16 Februari 2012.

Menurut Abraham, pemerintah daerah dapat lebih fokus menyelesaikan berbagai masalah, seperti penembakan yang terus terjadi di daerah Papua.

"Saya yakin Papua ini masih akan panjang dan akan masih ada konflik berdarah banyak suku. Tembak sana tembak sini hanya bagaimana bisa didengar oleh luar negeri, how to solve the problem," kata dia. "Jadi jangan satu caretaker kalau boleh dilantik tiga gubernur dan tiga wagub," lanjut Abraham.

Menanggapi usulan itu, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan  sudah memiliki grand design pemekaran Indonesia hingga 25 tahun mendatang.

"Ini bakal dibagi beberapa propinsi dan sudah selesai. Kalau dikehendaki akan ada tiga provinsi di Papua. Saya rasa itu pas betul," kata Gamawan. (ren)

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto Diskusi Dengan Wakonsul Amerika

Edi Purwanto Paparkan Kinerja DPRD Jambi di Hadapan Wakil Konsul AS

 Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menerima kunjungan Wakil Konsul bagian Ekonomi dan Politik untuk Konsulat Amerika di Sumatera, Suraj Mungara, Kamis

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024