Kasus Kusta di RI Tertinggi Nomor 3 di Dunia

Penderita kusta mengemis di jalanan Banda Aceh
Sumber :
  • Antara/ Ampelsa

VIVAnews - Puncak Peringatan Hari Kusta Sedunia akan dilaksanakan di Indonesia pada 27 Februari 2012. Namun, Indonesia masih menjadi penyumbang kasus kusta nomor 3 di dunia, setelah India dan Brazil.

"Peringatan Hari Kusta Sedunia sebetulnya diperingati setiap tahun pada hari Minggu bulan Januari, tetapi di Indonesia rangkaian kegiatan akan dilakukan pada bulan Februari," ujar Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono, dalam keterangan tertulis, Sabtu malam 15 Februari 2012.

Menurut Agung, masih tingginya kasus kusta di Indonesia dikarenakan adanya stigma, dan diskriminasi terhadap orang yang pernah mengalami kusta. Sehingga ini mengakibatkan makin sulitnya untuk menjangkau penderita untuk pengobatan.

Hasil survei di 5 Kabupaten di Indonesia oleh Kemenkes dan Komnas HAM, menyebutkan bahwa diskriminasi yang dialami oleh orang yang pernah mengalami kusta berupa penolakan di sekolah, di tempat kerja, dalam kesempatan mendapatkan kerja, dan yang lebih memprihatinkan adalah mereka juga ditolak di layanan kesehatan.

"Indonesia termasuk negara dengan beban kusta yang tinggi. Kementerian Koordinator Bidang Kesra akan segera melaksanakan rapat koordinasi dalam rangka persiapan Hari Kusta Nasional untuk meningkatkan kepedulian lintas sektor dalam upaya penanggulangan kusta di Indonesia," kata dia. (eh)

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024