Panglima OPM Temui Aburizal

Kelompok bersenjata di Papua
Sumber :
  • Banjir Ambarita| Papua

VIVAnews - Panglima Tentara Pembebasan Papua Organisasi Papua Merdeka, Alex Mebri menemui Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie di kediaman Aburizal di Jalan Mangunsarkoro, Jakarta, Minggu sore, 12 Februari 2011.

Kedatangan Alex bersama sebelas orang aktivis gerakan Papua itu untuk membicarakan solusi bagi segala permasalahan yang terjadi Papua. Kepada Aburizal, mereka menyatakan diri kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan siap secara bersama-sama membangun Papua lebih sejahtera serta berkomitmen mengakhiri seluruh kekerasan seperti yang selama ini terjadi.

Alex, yang dalam kesempatan itu didampingi politisi asal Papua sekaligus anggota Fraksi Partai Golkar DPR Yorris Raweyai mengungkapkan, Papua tidak akan pernah sejahtera kalau masih terus-menerus terjadi kekerasan dan konflik. "Kami, bersama pemerintah Republik Indonesia, siap mencari solusi untuk Papua, dan siap bekerja untuk membangun Papua," ujarnya.

Aburizal menyatakan sangat gembira dan menyambut baik hal itu. Ia pun mengaku secara pribadi sangat mencintai dan mengagumi Papua. Pengalamannya beberapa kali mengunjungi Papua selama menjadi Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat telah menggugah kesadarannya bahwa permasalahan Papua tidak dapat diselesaikan dengan pendekatan kekerasan/militer, melainkan dengan pendekatan kesejahteraan.

"Papua, terutama di daerah-daerah pegunungan, harus disejahterakan, dibangun jalan raya, ditingkatkan pendidikan dan kesehatannya. Bukan dengan pendekatan militer," kata Aburizal.

Hal tersebut, ungkapnya, telah berulang kali disampaikan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. "Saya sering katakan kepada Presiden, Papua tidak mau merdeka, Papua ingin sejahtera. Maka, jangan gunakan pendekatan militer, tetapi pendekatan kesejahteraan."

Aburizal berjanji kepada Alex dan sejumlah aktivis Papua lainnya, bahwa seluruh aspirasi tersebut akan diperjuangkan, melalui Fraksi Partai Golkar di DPR maupun melalui Sekretariat Gabungan partai politik pendukung pemerintah. "Bapak (Alex), saya janji --dan janji saya ini tentu disaksikan Tuhan dan kami semua yang ada di sini-- saya akan memperjuangkannya dengan seluruh kekuatan saya. Saya janji." (Laporan Arief Ulyanov)

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah
Sidang Perdana Perselisihan Hasil Pilpres 2024, Anies-Muhaimin

Cak Imin Siap Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres Jika Diwajibkan MK

Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyatakan siap hadir di sidang pembacaan putusan sengketa PHPU di Mahkamah Konstitusi.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024