Belajar Kerukunan, Konjen AS Keliling RI

Doa bersama lintas agama
Sumber :
  • ANTARA/Reno Esnir

VIVAnews - Konsulat Jenderal Amerika Serikat (AS) Kristen F Bauer bertemu sejumlah tokoh lintas agama di Mataram,Nusa Tenggara Barat (NTB). Kehadiran Konjen AS itu untuk menyerap informasi tentang kerukunan umat beragama di Kota Mataram yang terkenal memiliki keberagaman suku, ras, dan agama.

Kristen F Bauer yang didampingi seorang penerjemah ini berdialog dengan tokoh agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Sejumlah pertanyaan diajukan adalah potensi masuknya faham baru menyusul arus globalisasi, serta program pembinaan diterapkan pemerintah Kota Mataram dalam menjaga kerukunan antara umat beragama.

PNM Terus Bekali Nasabah dengan Teknologi Digital

"Kami datang untuk belajar tentang NTB terutama tentang kerukunan umat beragama," kata Kristen melalui penerjemahnya kepada wartawan di Mataram Kamis 09 Februari 2012.

Konjen AS menyatakan, kedatangan mereka tak hanya menyerap informasi mengenai upaya menjaga kerukunan umat beragama. Pejabat AS ini berharap bisa memperoleh informasi mengenai perkembangan masalah pendidikan dan ekonomi.

Tersangka Pembunuhan Sempat Salah Beli Koper Buat Masukkan Jasad Wanita yang Dibuang di Cikarang

Diakui Kristen, kunjungannya ke Kota Mataram merupakan agenda pertama pada tahun 2012. Selanjutnya dia akan berkunjung ke sejumlah daerah lainnya di Indonesia.

Dari hasil pertemuannya dengan FKUB, Kristen mengapresiasi program yang dilakukan FKUB seperti Jum'at taqwa, study banding ke daerah lain dan program lainnya. Terlebih Forum Komunikasi Umat Beragama Mataram sudah berjalan 10 tahun.

Selain bertemu denga FKUB Mataram, Konjen AS yang berkantor di Surabaya juga berkunjung ke DPRD NTB, Institut Agama Islam Negeri Mataram dan selanjutnya bertemu dengan Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi. Kedatangan Konjen AS ke Mataram itu difasilitasi oleh Pengurus Cabang Nahdatul Ulama Kota Mataram.

Sementara itu Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Mataram H.Wildan menyambut baik kedatangan Konjen AS itu. Dia berharap dialog yang berlangsung selama 1,5 jam lebih itu, dapat ditindaklanjuti dengan peningkatan kerjasama dan tukar informasi diantara kedua pihak.

Luhut Kaji Subsidi BBM Bioetanol, Disiapkan Jadi Pengganti Pertalite?
Ilustrasi penusukan

Diduga Cemburu, Suami Bacok Istri yang Sedang Hamil 4 Bulan

Seorang pria berinisial MRR (23 tahun) ditangkap polisi karena membacok istrinya yang sedang hamil 4 bulan karena cemburu. Warga Jalan Muharto, Kota Malang itu melakukan.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024