2 Pesawat Intai US$ 16 Juta Tiba Tahun Ini

Sekretaris Kabinet Dipo Alam & Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Wakil Menteri Pertahanan, Sjafrie Sjamsoeddin memastikan pesawat intai tanpa awak atau unmanned aerial vehicle/UAV dari Kital Philippine Corp tiba di Indonesia tahun ini. Kementerian Pertahanan menganggarkan dana US$16 juta untuk dua unit pesawat ini.

Pembelian pesawat intai tersebut merupakan program Kementerian Pertahanan tahun 2004 dan sudah tanda tangan kontrak pada 2006. "Karena itu dibuat baru, akan delivery pada tahun ini," kata Sjafrie usai memberi sambutan dalam Worshop Internasional Enhancing Defence Cooperation on Public Affairs antara Kemhan RI-Departemen Pertahanan Amerika Serikat/Pentagon di Gedung Kemhan, Jakarta, Kamis, 9 Februari 2012.

Kelebihan pesawat intai tersebut antara lain bisa digunakan untuk militer dan nonmiliter seperti mendeteksi cuaca, mempunyai kemampuan jelajah dengan radius 250 km, kemampuan terbang 15 jam, menggunakan teknologi gabungan dari

beberapa negara, dan mesinnya dari Italia," pungkasnya. "Ini sudah kami uji secara teknis."

Isu Politik
Sjafrie menegaskan bahwa pembelian pesawat tanpa awak ini tidak ada kaitannya dengan politik. "Teknologi itu nggak punya batas teritorial. Teknologi tidak ada kolerasinya dengan politik," tegasnya.

Sjafrie berharap dengan pembelian ini bisa menyerap teknologi dari negara luar, sehingga bisa dikembangkan di dalam negeri. "Untuk operasi intelijen perlu lah suatu negara dalam situasi seperti ini kan perlu," kata dia.

Untuk 2012, Kementerian Petahanan memiliki anggaran alutsista sebanyak 25 persen dari Rp74 triliun. Sebab, 52 persen anggaran sudah dipakai untuk kebutuhan belanja pegawai dan bayar gaji.  "25 persen itu untuk belanja barang dan belanja modal," jelasnya. (sj)

Jangan Takut Tertipu, Simak Tips Jitu Cara Beli Motor Bekas yang Aman
Duel Timnas Indonesia U-23 vs Qatar U-23

Gawat, Gaya Main Timnas Indonesia Sudah Dibaca Pelatih Australia

Timnas Australia U-23 dan Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan pada laga kedua Grup A Piala Asia U-23

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024