Potret Demo, Warga Ceko Ditangkap di Papua

Aksi Demo Warga Papua
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Gara-gara memotret aksi demo yang digelar West Papua National Autority, seorang warga Ceko ditangkap aparat Kepolisian di Raja Ampat Papua Barat, Rabu 8 Februari. Saat ini yang bersangkutan diamankan di Polres setempat.

Juru Bicara Polda Papua, Kombes Wachyono ketika dikonfirmasi membenarkan adanya penahanan terhadap seorang warga asing. “Kami saat ini sedang melakukan pengamanan dan pemeriksaan intensif terhadap salah seorang warga asing dari Negara Ceko atas nama Peter Zamecnik 35. Ia diamankan karena mengabadikan aksi unjuk rasa yang dilakukan WPNA,’’ ucapnya.

Lanjut Wachyono, awalnya pihaknya menduga warga asing itu adalah jurnalis, namun setelah identitasnya diminta, bukan wartawan. "Dia bukan wartawan, dia adalah wisatawan asing yang kebetulan berkunjung ke Raja Ampat untuk berwisata,’’ jelasnya.

Dari hasil pemeriksaan awal, warga asing itu juga memiliki kekasih seorang mahasiswa Universitas Papua bernama Brigita. “Ternyata ia punya pacar seorang mahasiswa, namun orangtua perempuan tidak menyetujui hubungan mereka,’’ papar Wachyono.

Mengenai sudah berapa lama yang bersangkutan berada di Raja Ampat, Wachyono mengatakan, pihaknya belum mengetahui secara pasti, karena paspor dan visanya masih diperiksa oleh pihak imigrasi setempat.  "Surat-suratnya masih diteliti secara cermat oleh imigrasi,’’ paparnya.  

Sebelumnya, ketika disidang, Forkorus Yaboisembut yang mendeklarasikan dirinya sebagai sebagai Presiden Negara Republik Federal Papua Barat mengaku telah mendaftarkan Negara Federal Republik Papua Barat ke PBB.

Pendaftaran dilakukan oleh pengacara internasional mereka pada tanggal 26 Januari lalu. Sementara salinan suratnya telah diterima Forkorus Cs dua hari setelah pendaftaran surat itu ke PBB yakni tanggal 28 Januari. (umi)

MK Sudah Putuskan, Dave Laksono Minta Tak Ada Lagi Tuduhan Politisasi Bansos
VIVA Militer: Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar

Tentara Amerika Ditemukan Meninggal Dunia Saat Survey Medan Latihan di Karawang

Tentara Amerika Serikat yang meninggal dunia adalah Mayor WW

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024