NASIONAL

Paku Alam IX Tunjuk Putra Mahkota

Paku Alam IX menunjuk putra sulungnya sebagai calon pengganti raja Pakualaman.

ddd
Selasa, 31 Januari 2012, 17:36
Acara Tingalan Ndalem Paku Alam IX di Puro Pakualaman, Yogyakarta
Acara Tingalan Ndalem Paku Alam IX di Puro Pakualaman, Yogyakarta  

VIVAnews - Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario Pakualam IX menunjuk putra sulungnya, Kanjeng Bendara Pangeran Haryo Prabu Suryodilogo, sebagai putra mahkota. Kanjeng Bendara Pangeran Haryo Prabu Suryodilogo akan meneruskan dinasti dan kepemimpinan serta menjalankan ketataprajaan Kadipaten Pakualaman.

Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Kusumoparastho, Hudyana Yogya, selaku kerabat Pakualaman menjelaskan trah atau kerabat Paku Alam yang tergabung dalam Keluarga Besar Pakualaman Hudyana mendukung keputusan ini. Pernyataan sikap keluarga besar tersebut ditandatangani oleh Hudyana Jakarta  (KPH Soerjosoejarso), Hudyana Semarang (KRMT Sasongkonagoro), Hudyana Bali (KRMT Brotoatmojo), Hudyana Surabaya (KPH Jurumartani), dan Hudyana Yogya (KPH Kusumoparastho).

Menurut Kusumoparastho, penunjukkan putra mahkota yang dilakukan sebelum Paku Alam IX wafat ini memang berbeda dari mekanisme pemilihan Pakualam IX menggantikan ayahnya yang dilakukan setelah Paku Alam VIII meninggal dunia.

"Penunjukkan ini sekaligus memperlihatkan Pakualaman siap dengan regenerasi," kata dia usai Tingalan Dalem (perayaan ulang tahun) 76 Tahun Pakualam IX di Puro Pakualaman, Selasa 31 Januari 2012.

Meski demikian, KPH Kusumoparastho tidak menampik ada konflik internal dalam penunjukan tersebut. Dinamika perebutan kekuasaan di kerajaan, kata dia, merupakan hal yang wajar dan yang paling penting tidak mencari dukungan dari pihak luar kerajaan. "Nek wani berontak nggeser, nek ra wani lungo tapi ojo golek dukungan wong liyo," tegasnya. (umi)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com