Kakek Tumor Hidung 6 Tahun, Cucu Kurang Gizi

Ilustrasi warga miskin.
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Zaini hanya bisa terbaring lemah di ruangan tamu rumahnya di Jalan Perdana Gang Melati Kelurahan Bansir Darat Kecamatan Pontianak Selatan, tak jauh dari pusat kota. Sudah enam tahun, lelaki kurus berusia 80 tahun itu mengidap tumor hidung.

Sebelum akhirnya tumornya membesar, ia tak merasakan sakit apapun di hidungnya. Hanya sedikit rasa panas yang tak ia gubris. Namun, waktu berlalu, rasa sakit makin menjadi.

Kini, ia pun terpaksa terus menutupi hidungnya dengan sehelai kain. Sebab, selain daging tumor, hidungnya mengeluarkan bau yang sangat menyengat.

Zaini hanya bisa pasrah. "Enam tahun lah sakit hidung saya ini. Mau diperiksa, tapi saya nggak punya uangnya, " tutur Zaini, ketika VIVAnews.com mendatangi kediamannya, Sabtu 28 Januari 2012.

Kakek yang dulu bekerja serabutan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari, kini tak berdaya. Hanya empat cucu kecilnya yang jadi hiburan. "Saya nggak bisa lagi kerja saat ini karena saya sakit. Saya bersyukur setiap hari bisa dihibur oleh cucu-cucu saya ini,” ujar Zaini, sembari melirik 4 cucu nya itu yang kurus kering.

Rohani, anak kandung Zaini, menceritakan ayahnya itu terserang penyakit tumor hidung sejak lama. Namun, lagi- lagi persoalan ekonomi membuat mereka tidak bisa berbuat banyak.

"Saya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menyembuhkan bapak saya. Tapi, saya juga nggak punya biaya," kata dia.

Jangankan mencarikan dokter dan rumah sakit yang bagus, Rohani mengatakan, anak-anaknya bahkan kurang makan. "Anak saya hanya makan satu kali saja tiap harinya. Itupun harus diirit makannya. Lihat aja badan anak saya ini kurus semuanya. Mungkin kekurangan gizi  atau mungkin gizi buruk kali yah, saya pun tak tahu," kata perempuan 36 tahun itu, bercucuran air mata.

Anak pertama dan kedua pun terpaksa putus sekolah, karena tak punya biaya. "Suami saya kerja apa adanya. Kalau ada orang nyuruh kerja ya kerja, kalau nggak ada yang nyuruh kerja  diam aja dir umah. Suami saya nggak punya keterampilan apa-apa, “kata Rohani, yang tinggal di rumah ukuran 3x4 meter dengan atap rumah seng dan dinding  serta lantai papan ini.

Suku Bunga BI Naik, Apindo Ungkap 3 Tantangan Ini Hantui Pengusaha
Chandrika Chika.

Gak Percaya Anaknya Biasa Pakai Narkoba, Ibunda Chandrika Chika: Saya Tau Anak Saya Seperti Apa

Poppy Putry, ibu Selebgram Chandrika Chika mengungkap kondisi putrinya saat ini sedang down usai ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka kasus penyalahgunaan narkoba.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024