Anak Indonesia Malu Bertanya

VIVAnews - Saat di sekolah, apakah ada yang suka merasa malu bertanya ke guru tentang pelajaran yang tidak dimengerti ? Jika demikian, seharusnya tidak perlu malu, karena dengan bertanya pengetahuan kalian akan bertambah.

Nah, menurut peserta Program Pertukaran Pemuda Australia-Indonesia (Australia-Indonesia Youth Exchange Program - AIYEP), anak-anak di Indonesia, terutama yang ada di desa, ternyata banyak yang malu bertanya dan mengungkapkan pendapat.

Mereka mengatakan hal itu setelah selama dua bulan tinggal di Desa Gurno  dan Gesang, Lumajang, Jawa Timur. Bersama dengan 18 mahasiswa Indonesia, 18 pemuda dan pemudi Australia tinggal di sana selama Oktober hingga Desember 2008.

Para mahasiwa itu, melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi anak-anak  desa. Seperti mengajarkan bahasa Inggris pada anak-anak. Salah satu mahasiswi Australia, Nina Rose Lim mengungkapkan kesan-kesannya selama mengajar. "Selama mengajar bahasa Inggris, saya sering bertanya kepada para murid. Murid-murid Indonesia malu-malu, malah guru mereka yang menjawab pertanyaan saya atau menunjuk seorang murid untuk menjawab," kata Lim dalam acara Program AIYEP di Jakarta, Sabtu 7 Februari 2009.

Lim juga menilai bahwa para murid kelihatannya takut berbuat salah. Itulah sebabnya mereka enggan bertanya atau menjawab pertanyaan. Tentu saja kurang baik, karena nantinya saat dewasa mereka akan sulit  untuk mengungkapkan pendapat.

Mulai sekarang jangan pernah malu bertanya dan  mengungkapkan pendapat. Dan, jangan pernah takut berbuat salah,  karena kesalahan akan membuat kita menjadi tahu mana yang benar.

Mendagri Tito Karnavian: RUU DKJ Wujud Upayakan Jakarta Jadi Kota Kelas Dunia
Modest Fashion Hype

Hari Raya Makin Dekat, di Sini Tempatnya Cari Inspirasi Baju Lebaran

Mendekati Lebaran, tidak sedikit pusat perbelanjaan yang mengadakan diskon besar-besaran terutama untuk kebutuhan pakaian Lebaran.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024