Koalisi Besar Siap Rebut Kursi Gubernur Jabar

Ahmad Heryawan saat mengunjungi korban Bom Mapolresta Cirebon
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Meski pemilihan Gubernur Jawa Barat digelar pada 24 Februari 2013, nama kandidat sudah mulai bermunculan. Koalisi menjadi bagian agenda politik semua partai di Jawa Barat.

KPU Tetapkan Dua Caleg PDIP dari Dapil Jakarta 10 Melenggang ke DPRD DKI

“PDIP sudah berkomunikasi dengan berbagi DPD partai di Jawa Barat dan sepakat mendeklarasikan koalisi besar. Dalam koalisi ini, PDIP menggandeng PPP, Gerindra, dan Hanura. Ini koalisi besar yang berbicara kepentingan Jawa Barat dan siapa yang akan memimpin Jawa Barat,” kata Ketua Dewan Perwakilan Daerah PDI Perjuangan Jawa Barat, Ruddy Harsa Tanaya, kepada VIVAnews.com, Sabtu 21 Januari 2012.

Ia menambahkan, saat ini koalisi besar sedang merancang strategi dan penyiapan figur Gubernur Jawa Barat pengganti Ahmad Heryawan.

Koalisi keempat partai ini dianggap signifikan, karena mempunyai kursi yang ideal untuk menguasai DPRD Jawa barat, dan mendorong pasangan calon dari koalisi ini.

Dari data DPRD Jawa Barat periode 2009-2014, ada 100 anggota legislatif yang terpilih dan menjalankan fungsinya. Dari jumlah itu, PDIP memiliki 18 Kursi, PPP delapan kursi, Gerindra delapan kursi, dan Hanura tiga kursi. Bila dijumlahkan, koalisi ini mempunyai 37 kursi. Dengan koalisi, PDIP yakin akan memimpin Jawa Barat ke depan.

Meski demikian, Ruddy tidak menampik adanya upaya untuk melakukan koalisi dengan partai besar. “Kami realistis saja dulu, koalisi dengan partai lain yang mempunyai platform sama akan mempermudah untuk pencapaian target. Koalisi dengan partai besar akan dilakukan setelah koalisi ini berjalan. Sesuai dengan rencana, koalisi besar akan mulai bergerak minggu ini,” ucapnya.

Ia berharap koalisi ini bisa diikuti oleh daerah lain, terutama lima kabupaten kota yang pemilihannya berbarengan dengan pemilihan gubernur Jawa Barat. “Kota Sukabumi salah satu kota yang pelaksanaan pemilihan walikotanya bersamaan dengan pemilihan Gubernur Jawa Barat. Saya berharap koalisi ini dapat diterapkan di kota itu juga,” kata dia.

Menurut dia, kemenangan dalam pemilihan gubernur dan lima kota kabupaten lainnya di Jawa Barat menjadi fokus PDIP. “Ini salah satu langkah untuk pemenangan Pemilu 2014. Pemilihan Gubernur dan lima kepala daerah lain di Jawa Barat merupakan paket yang harus dimenangkan,” ujar Ruddy. (art)

Kelebihan Pakai Essential Oil, Hadirkan Kekuatan Alam dalam Kehidupan Sehari-hari
Xiumin EXO

Tampil di Saranghaeyo Indonesia 2024, Xiumin EXO Janjikan Penampilan Spesial

Melalui unggahan video tersebut, Xiumin EXO mengajak penggemarnya untuk datang dan menyaksikan penampilannya dalam acara tersebut.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024