TNI-Polri Bantah Tuduhan Eks Menlu OPM

Sarang OPM di Belanda
Sumber :
  • Jackson Kumaat

VIVAnews - TNI dan Polri enggan menanggapi tudingan mantan Menteri Luar Negeri Organisasi Papua Merdeka (OPM), Nicholas Messet, yang menyebut ada aparat di balik pergerakan OPM saat ini. TNI dan Polri tidak akan termakan isu menyesatkan.

"Saya sudah baca di koran lokal, tapi saya akan cek dulu kepada yang bersangkutan," kata juru bicara Kodam 17 Cenderawasih, Kolonel Ali M Bogra saat berbincang dengan VIVAnews.com, Jumat 20 Januari 2012.

Menurut Ali, TNI akan berupaya menemui yang bersangkutan untuk mengkonfirmasi tudingan yang sudah dipubliksikan koran lokal itu. TNI, kata Ali M Bogra,  belum mengambil sikap apapun atas tudingan Messet itu. 

Sementara, juru bicara Polda Papua Komisaris Besar Polisi Wachyono lebih memilih tidak menanggapi tuduhan itu. Polisi memilih fokus pada tugas dan fungsi Kepolisian saja. "Aparat yang mana, tanya saja langsung ke sumbernya," ujar Wachyono.

Sebelumnya, Messet menyebut perjuangan OPM saat ini sudah tidak murni lagi. Messet menuding ada keterlibatan aparat keamanan di balik gerakan-gerakan OPM belakangan ini.

"Ada aparat keamanan yang bermain. OPM kini sudah dipelihara dan dibina," kata Messet di Jayapura, Papua, Jumat 20 Januari 2012.

Maka itu, Messet mengatakan bahwa saat ini dunia tidak ada lagi yang berpikir merdeka, termasuk Papua. Sebab sudah ada solusi yakni otonomi khusus.  "Jangan lagi terbuai dengan mimpi kemerdekaan. Mari kita bangun Papua untuk lebih baik lagi,dengan semangat otonomi khusus," tegas dia.

Andi Gani Dorong Markas Brigade KSPSI Jadi Garda Terdepan Perjuangkan Hak Buruh
Rusia Kirimkan 29 Ton Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

Russia Delivers Over 29 Tons of Humanitarian Aid for Gaza

Russia on Wednesday said the country delivered over 29 tons of humanitarian aid for the besieged Gaza Strip, where more than 32,400 Palestinians have been killed since Oc

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024