VIDEO: Meniti Jembatan Putus Demi Sekolah

Jembatan rusak di Lebak, Banten
Sumber :
  • REUTERS/ Beawiharta

VIVAnews - Sekelompok anak-anak sekolah berjalan perlahan-lahan meniti jembatan yang sudah miring di kampung Tanjung, Lebak, Banten, Adegan bahaya ini mereka lakukan agar bisa pergi ke sekolah.

Salah sedikit saja, mereka bisa terpeleset dan tercebur ke sungai Ciberang yang berarus deras dan dalam. Sungai ini kerap digunakan wisatawan untuk olahraga arung jeram.

Perjuangan siswa-siswa sekolah di kampung ini kemudian dibidik fotografer Reuters dan dimuat media Inggris, Daily Mail. Situs ini menuliskan betapa beratnya perjalanan para pelajar Indonesia menuju ke sekolah. Harian ini bahkan menyamakan aksi mereka dengan adegan berbahaya di film Indiana Jones.

Pada foto-foto yang diambil oleh Reuters, terlihat beberapa orang pelajar SMP dan SD di kampung Tanjung meniti jembatan rusak yang hanya dihubungkan dengan satu tali terbentang di atas Sungai Ciberang.

Pegangan mereka hanyalah tali dan kayu-kayu sisa-sisa jembatan. Daily Mail menuliskan, anak terkecil yang pernah menyeberang berusia lima tahun. Penyeberangan menjadi semakin berbahaya jika sungai Ciberang diterpa banjir. Titian tali bisa terendam air dan putus terbawa arus. (umi)

Refleksi Program Sekolah Menengah Kejuruan Sebagai Pusat Unggulan
Acara Hari Ulang Tahun SMAN 95 Jakarta yang Ke-30

Penerapan Zonasi PPDB Sekolah Dinilai Belum Efektif

Zonasi salah satu kebijakan kementrian pendidikan untuk mewujudkan pemerataan pendidikan yang telah dikaji serta mendapat rekomendasi dari lembaga kredibel.

img_title
VIVA.co.id
20 Juli 2023