FOTO: Leopard 2, Tank Canggih dari Jerman

tank leopard 2
Sumber :
  • www.fprado.com

VIVAnews - Inilah tank Leopard yang selama ini menjadi polemik antara pemerintah Indonesia dengan sejumlah politisi di Senayan. Leopard 2A6 buatan Jerman ini menjadi salah satu tank terbaik di dunia.

Tank tempur utama Jerman ini merupakan pengembangan dari Leopard 1, dikembangkan oleh Krauss-Maffei pada awal 1970. Tank ini pertama kali digunakan pada 1979. Dan kini sudah lebih dari 3.480 Leopard 2 telah diproduksi. Beberapa negara telah lama memilikinya.

Tank ini bermesin diesel MTU turbocharged dengan 1.500 tenaga kuda. Tank berbobot 62,3 ton ini memiliki panjang 7,7 meter, lebar 3,7 meter, dan tinggi 3 meter.

Leopard 2A6 dapat diisi oleh 4 orang yakni komandan, penembak, pengisi peluru, dan sopir.

Konon, kehebatan tank-tank ternama seperti Abrams M1A2, Challenger 2, dan Leclerc tak bisa menandingi Leopard 2A6 dalam hal perlindungan, daya tembak, dan mobilitas.

Baja generasi terbaru mejadikan Leopard 2A6 tahan serangan musuh. Untuk persenjataan, Leopard 2A6 menggunakan kanon Rheinmetall kaliber 120 mm. Senjata ini dirakit sesuai dengan standar NATO. Tank ini juga memiliki persenjataan sekunder berupa senapan mesin kaliber 7,62 mm.

Keampuhannya telah dibuktikan dalam beberapa medan tempur. Angkatan Darat Jerman pertama kali menggunakan Leopard 2 dalam perang di Kosovo. Kanada dan Denmark juga mengoperasikannya dalam perang di Afganistan.

Proyek Pengolahan Sampah Jadi Energi di Bekasi Terancam Gagal Karena Tata Kelola Buruk

Indonesia sendiri berencana membeli 100 unit tank Leopard ini dari Belanda. Namun, rencana itu diwarnai polemik antara pemerintah dengan sejumlah kalangan, terutama sejumlah anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat yang menentang keras pembelian ini.

Lihat tank Leopard di tautan ini.

Prediksi Liga Europa: Atalanta vs Liverpool
Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay

PAN ke PPP: Akui Dulu Prabowo-Gibran Menang Pilpres Jika Mau Gabung Koalisi

Ketua DPP PAN, Saleh Partaonan Daulay mengatakan seharusnya PPP lebih dahulu mengakui kemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024, jika partai b

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024