KSAD: Tank Leopard Cocok untuk Indonesia

Tank Leopard 2A6 buatan Jerman
Sumber :
  • http://military-weapon.blogspot.com

VIVAnews - Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Pramono Edhie Wibowo menyatakan Tank Leopard asal Belanda cocok untuk kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Edhie menjelaskan bila dilihat dari negara-negara Asia Tenggara, beberapa negara sudah memiliki tank berat. Seperti Malaysia, Singapura, Vietnam dan Kamboja,

"Itu mereka tinggal di kawasan yang sama dengan kita, kebetulan kita di pulau tapi kawasan daratannya sama hutannya sama. Apakah jalan-jalan kita tidak lebih baik dari mereka," kata Pramono Edhie di Mabes TNI, Jakarta, Rabu 18 Januari 2012.

Menurut Edhie, untuk menentukan tank kelas berat jenis Leopard, pihaknya sudah melakukan penelitian, termasuk menanyakan kepada pihak-pihak yang mumpuni soal alutsista. Apalagi kebutuhan akan Leopard juga merupakan permintaan si pemakai yakni Batalyon Kavaleri.

"Saya hukumnya wajib mencari, jadi saya persilakan untuk melihat tank berat yang ada dan untuk dipelajar. Jadi ada urutannya," ujar Edhie.

Jenderal Edhie mengakui memang belum memberikan penjelasan terkait pengadaan tank Leopard asal Belanda ini kepada DPR. Namun ia menegaskan kebutuhan akan tank kelas berat berjenis Leopard adalah permintaan pengguna.

"Jadi teknis saya tanyakan ke pengguna, saya juga tidak lebih mahir dari kavaleri jadi bicara masalah teknis mereka yang punya, kalau mereka minta ya saya adakan," ujarnya.

Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden

Soal tank Leopard ini Wakil Ketua Komisi I, Tubagus Hasanuddin, mengungkapkan penolakan DPR. Berbeda dengan KSAD, dari hasil penelitian dan analisa DPR, tank Leopard tidak cocok untuk kontur alam Indonesia. (umi)

Persib Bandung vs Bhayangkara FC

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

Duel Persib Bandung menghadapi Bhayangkara FC dalam laga lanjutan Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis 28 Maret 2024, berakhir imbang tanpa gol.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024