Menhan Yakin Penembakan di Papua Ulah OPM

Korban penembakan di Jayapura , Papua
Sumber :
  • ANTARA/ Marcelinus Kelen

VIVAnews - Kementerian Pertahanan memastikan sejumlah rangkaian kejadian penembakan misterius di Papua adalah ulah dari golongan separatis yaitu Organisasi Papua Merdeka (OPM), bukan dari TNI atau Polri.

"Penembakan itu clear bukan dari TNI atau Polri. Tapi berasal dari OPM yang berbaur dengan masyarakat. Maka dari itu kita harus bersikap hati-hati," kata Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro, Selasa, 17 Januari 2012.

Ditambahkan Purnomo, dalam acara Silaturahmi Menteri Pertahanan RI dengan Pemred Media Massa malam ini di Jakarta, separatisme di Papua, embrionya berada di Sorong dan Timika, terkait dengan masalah Freeport.

"Menyangkut otonomi daerah yang pembagian kuenya besar," katanya.

Disampaikan Purnomo, ada empat batalyon yang ada di Papua serta di Merauke untuk menjaga perbatasan. "Separatis saat ini masih ditangani oleh Polda setempat," kata Purnomo.

Saham Lima Perusahaan Ini Malah Bersinar saat IHSG Sesi I Anjlok

Sementara itu, menyinggung soal perbatasan wilayah Indonesia, Purnomo menyebutkan bahwa pihaknya selalu waspada. Saat ini Kemenhan sedang mengembangkan industri pertahanan dalam negeri dengan membangun Kapal Cepat Rudal 40.

VIVA Militer: Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut

5 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Peringkat Indonesia Tak Main-main!

Direktori Dunia Kapal Perang Militer Modern atau World Directory of Modern Military Warships (WDMMW) merilis daftar Global Naval Power Ranking. Ini angkatan laut terkuat.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024